2 Rumah Sakit di Kota Bandung Siapkan Layanan Wisata Medis Didampingi Biro Pariwisata

- 27 Oktober 2023, 09:30 WIB
RSUD Bandung Kiwari/
RSUD Bandung Kiwari/ /www.bandung.go.id//Dok. www.bandung.go.id/

PRFMNEWS – Dua rumah sakit (RS) di Kota Bandung akan memiliki program wisata medis bagi para pasien yang berobat. Konsep wisata medis ini kini tengah disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes).

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandung Kiwari dan RS Santosa sedang disiapkan oleh Dinkes Kota Bandung untuk menghadirkan program wisata medis bagi pasien yang nantinya akan melibatkan biro pariwisata sebagai pendamping.

Tujuan diberlakukannya program wisata medis di sejumlah rumah sakit yang pada tahap awal segera diterapkan di RSUD Bandung Kiwari dan RS Santosa adalah guna menekan laju masyarakat Indonesia melakukan pengobatan ke luar negeri.

Baca Juga: Bandung Miliki Iklim Baik untuk Wisata Kesehatan: Bandung Bisa Jadi Tujuan Health Tourism

"Konsep wisata medis ini melibatkan seluruh perjalanan pasien dari mulai keluar rumah hingga masuk ke rumah sakit. Untuk memfasilitasi hal ini, akan ada biro pariwisata yang akan membantu pasien dan pendamping mereka," kata Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian, Kamis 26 Oktober 2023.

Anhar menyatakan ke depan akan ada berbagai rumah sakit kelas A dan B di Kota Bandung yang sudah memenuhi syarat akan diproyeksikan menghadirkan layanan wisata medis ini.

RSUD Bandung Kiwari, kata Anhar, terkenal unggul dalam layanan terkait kelahiran, medical check up, dan rehabilitasi medis.

Sementara RS Santosa Bandung memiliki keunggulan dalam pengobatan penyakit jantung dan syaraf, dan telah menjadi tujuan perawatan bagi banyak pasien asing.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah