Janji Bupati Bandung Bagikan Rp100 Juta Per RW di Tiap Kelurahan Mulai 2024

- 10 Oktober 2023, 11:00 WIB
Bupati Bandung Dadang Supriatna akan menggelontorkan dana bantuan Rp 100 juta per RW di tiap kelurahan pada 2024 demi mempercepat pemerataan pembangunan./ Diskominfo
Bupati Bandung Dadang Supriatna akan menggelontorkan dana bantuan Rp 100 juta per RW di tiap kelurahan pada 2024 demi mempercepat pemerataan pembangunan./ Diskominfo /

PRFMNEWS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung akan menggelontorkan bantuan Rp100 juta kepada masing-masing rukun warga (RW) di setiap kelurahan mulai tahun 2024. Bantuan ini dalam rangka pelaksanaan Program Sinergitas Pembangunan Kelurahan Bedas (PSPKB).

Program PSPKB ini didasarkan pada Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 249 Tahun 2023 Tentang Pelaksanaan Program Sinergitas Pembangunan Kelurahan Bedas.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menjelaskan PSPKB merupakan program inovasi pemkab untuk mengakselerasi pembangunan di kelurahan melalui pelibatan aktif masyarakat dengan mewujudkan sinergitas kinerja aparatur pemerintahan dengan lembaga kemasyarakatan kelurahan dalam pembangunan sarana prasarana dan pemberdayaan masyarakat berupa alokasi anggaran minimal Rp100 juta per RW di setiap kelurahan.

Baca Juga: Pesan Dadang Supriatna untuk Calon Kades di Kabupaten Bandung: Jangan Sampai Mengedepankan Ego

Bupati Dadang Supriatna mengatakan pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp17,6 miliar yang akan dibagikan ke 176 RW di 10 kelurahan di Kabupaten Bandung.

"Jadi nanti mulai tahun depan saya akan berikan Rp100 juta per RW di setiap kelurahan. Kita akan realisasikan dan ini sudah dianggarkan," ucap Dadang saat kegiatan Rembug Bedas di Kelurahan Baleendah dan Andir, Kecamatan Baleendah, Jumat 6 Oktober 2023.

Dadang menyatakan PSPKB sengaja diluncurkan mengingat saat ini anggaran pembangunan di setiap kelurahan terbilang minim bila dibandingkan dengan alokasi dana desa (ADD). Akibatnya, kegiatan pembangunan di kelurahan sedikit lambat dibanding pembangunan di desa-desa.

Baca Juga: Ini Langkah Dadang Supriatna untuk Tangani Banjir di Jalan Kopo Sayati

"Mohon maaf selama ini pembangunan di kelurahan belum maksimal karena dukungan anggaran ke kelurahan terbentur regulasi. Tapi Insya Allah tahun depan kita tingkatkan anggaran kelurahan melalui bantuan pembangunan Rp100 juta per RW," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x