Pemkot Buka Opsi Bangun TPA Dekat Cadas Pangeran Sumedang untuk Buang Sampah Kota Bandung

- 20 September 2023, 22:00 WIB
Pengakutan tumpukan sampah di TPS Taman Cibeunying, Kota Bandung, Rabu 20 September 2023
Pengakutan tumpukan sampah di TPS Taman Cibeunying, Kota Bandung, Rabu 20 September 2023 /Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menyiapkan TPA sampah di lahan yang berada dekat kawasan Cadas Pangeran, Kabupaten Sumedang untuk menangani darurat sampah di Kota Kembang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan lokasi TPA sampah di dekat Cadas Pangeran Sumedang untuk membuang sampah dari Kota Bandung ini berada di daerah Cijeruk.

Ema Sumarna menyatakan pihaknya sudah meninjau langsung ke lahan di kawasan Cijeruk untuk dijadikan dijadikan TPA sampah Kota Bandung. Hal ini guna mengurangi tumpukan sampah di TPS dan yang disimpan di pinggir-pinggir jalan.

Baca Juga: Kemenhub Pasang Yellow Box di Perlintasan Kereta Api Kota Cirebon untuk Cegah Kecelakaan

"Hari ini atas arahan dari Sekda Provinsi Jawa Barat, tim kita sedang ke Kabupaten Sumedang untuk melihat lokasi di daerah Cijeruk. Ada lahan di Kecamatan Tanjungsari, sekitar Cadas Pangeran yang mudah-mudahan bisa membantu penanganan sampah di Kota Bandung," ujar Ema, Rabu 20 September 2023.

Meski membuka opsi lahan di Cijeruk untuk dijadikan TPA, Ema menekankan, Sarimukti tetap akan dimaksimalkan. Namun, jika masih ada sampah yang tidak terangkut ke Sarimukti, barulah dibawa ke lahan di Cijeruk dan Pamulihan.

"Mudah-mudahan lahan di sana benar-benar siap. Jaraknya juga hanya 44 km kalau dari Kota Bandung," ujar dia.

Ema pun memastikan pemanfaatan lahan di Gedebage dekat Stadion GBLA untuk dijadikan TPS sementara akan tetap berjalan dan kini masih dalam tahap penyiapan.

Baca Juga: Anti Ngetem, Mikrobus Pengganti Angkot di Kota Bandung Mulai 2024 Akan Beroperasi Sesuai Jadwal

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x