DPRD Kota Bandung Dorong Pemkot Gencarkan Edukasi Pemilahan Sampah

- 5 September 2023, 07:00 WIB
Tumpukan sampah di Jalan Jamika Kota Bandung Selasa, 29 Agustus 2023. Banyak sampah belum diangkut di Kota Bandung imbas kebakaran TPA Sarimukti sejak pekan lalu.
Tumpukan sampah di Jalan Jamika Kota Bandung Selasa, 29 Agustus 2023. Banyak sampah belum diangkut di Kota Bandung imbas kebakaran TPA Sarimukti sejak pekan lalu. /Netizen prfmnews/Kang Obeng

PRFMNEWS - Permasalahan sampah di Kota Bandung tengah menjadi sorotan seiring sempat tertahannya pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti karena insiden kebakaran.

Akibat terganggunya pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti, banyak ditemukan tumpukan sampah di beberapa titik di Kota Bandung.

Bahkan untuk mengatasi permasalahan penumpukan sampah di masa darurat sampah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sampai meggali beberapa titik untuk mengubur sampah.

Baca Juga: Panduan Pengelolaan Sampah Organik Secara Mandiri di Rumah Sendiri

Dengan adanya kejadian ini, warga Bandung pun diajak untuk kembali lebih aktif dalam memilah sampah untuk mengurangi sampah yang dibuang ke TPA.

Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung Yudi Cahyadi mengatakan, perlu cepat dilaksanakan program edukasi dan fasilitasi pengolahan sampah bagi warga Kota Bandung.

“Jangan sampai darurat itu hanya tagline-nya saja tetapi dari realisasi dan anggarannya juga. Daripada hanya melalui hanya pembicaraan, lebih baik kita memfasilitasi kelurahan, dengan alat penunjang seperti pencacah sampah supaya mereka bisa melaksanakan program tersebut, dan terus diedukasi,” kata Yudi.

Baca Juga: Cara RW 08 Cisaranten Kulon Bandung Olah Sampah Jadi Berkah Lewat Zerosima dan Sabuki

Begitu pun Anggota Komisi C lainnya Sandi Muharam. Dia mengatakan musibah tersebut menjadi momentum untuk lakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana memilah sampah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah