Cegah Bandung Lautan Sampah, Pemkot akan Pinjam Lahan TNI AD untuk TPA Darurat

- 28 Agustus 2023, 21:00 WIB
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna.
Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna. /Diskominfo Kota Bandung/

PRFMNEWS – Kebakaran TPA Sarimukti berdampak pada ritase sampah di wilayah Bandung Raya termasuk Kota Bandung. Pemkot Bandung pun terus berupaya untuk mencegah terjadinya gunungan sampah di Kota Bandung.

Salah satu upaya Pemkot Bandung agar kondisi darurat sampah akibat kebakaran TPA Sarimukti tak berkepanjangan adalah melalui penjajakan kerja sama dengan TNI AD. Hal ini bertujuan guna meminjam lahan milik TNI AD untuk dijadikan TPA darurat atau sementara.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna mengatakan, pihaknya berencana meminjam lahan TNI AD yakni di kawasan Pusdikkav Pussenkav, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat untuk menjadi TPA darurat.

Baca Juga: Sikapi Kebakaran TPA Sarimukti, Pemkot Bandung Keluarkan BTT

Menurut Ema Sumarna, lahan sekitar 3 hektar milik TNI AD di Padalarang tersebut diperkirakan mampu membantu penanganan sampah di Kota Bandung untuk menjadi TPA darurat.

"Besok, kami akan menghadap Komandan Pusenkav yang punya lahan di Cirata. Kalau diizinkan kita akan manfaatkan," kata Ema Sumarna dalam keterangan tertulis di laman resmi Pemkot Bandung, Senin 28 Agustus 2023.

Ema menjelaskan bahwa Pemkot Bandung resmi menetapkan status Kota Bandung Darurat Sampah seiring dengan keputusan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menetapkan Bandung Raya Darurat Sampah.

Baca Juga: SAWA Jabar tentang Kebakaran TPA Sarimukti: 17 Tahun Berlalu, Sarimukti Masih Begitu

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah