Kualitas Udara di Kota Bandung Kategori Sedang, DLH Ungkap Arti dan Penyebabnya

- 20 Agustus 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi kualitas udara Kota Bandung
Ilustrasi kualitas udara Kota Bandung /Dok PRFM

PRFMNEWS – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung mengumumkan kualitas udara yang tercatat pada angka Indeks Standar Polusi Udara (ISPU) Kota Bandung pada seminggu terakhir masuk posisi atau kategori Sedang.

Makna dan penyebab kualitas udara di Kota Bandung sesuai angka atau skor ISPU masuk kategori Sedang ini dijelaskan oleh Kepala Seksi Pemantauan Lingkungan DLH Kota Bandung Irene Irmamuti.

Irene mengungkapkan, ISPU Kota Bandung dalam satu minggu terakhir menunjukkan tertinggi pada angka 93 dan terendah pada angka 67 untuk parameter PM2,5.

Baca Juga: Polda Metro Jaya Bongkar Kasus Jual Beli 'Video Gay Kids Indonesia' di Telegram

"Sedang adalah tingkat kualitas udara masih dapat diterima pada manusia, hewan dan tumbuhan," terang Irene, Sabtu 19 Agustus 2023.

"Angka/skor normal pada kategori Baik dengan angka 0-50, dan Sedang pada angka 51-100. Namun idealnya kualitas udara itu terbagus pada kategori Baik yang berarti sehat," jelasnya menambahkan.

Parameter penyebab angka ISPU Sedang yaitu PM2,5 seperti di Kota Bandung, ujar Irene, merupakan partikulat yang bersumber secara alami dari debu. Selain itu bisa pula dari asap kendaraan bermotor serta asap cerobong dari pabrik dan lainnya.

Baca Juga: Tak Sampai 10 Menit Hadir di Shopee Live, Erigo Bareng Raffi Ahmad Cetak Rekor Penjualan Rp 5 Miliar

"Hal yang mempengaruhi kondisi tersebut di atas adalah karena kondisi cuaca ekstrim di Kota Bandung pada musim kemarau. Dan juga karena posisi Kota Bandung yang berada pada cekungan menyebabkan akumulasi polusi lebih lama," paparnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x