Terkuak! ini Jenis Bakteri yang Ditemukan pada Makanan yang Dikonsumsi Korban Keracunan Massal di Kota Cimahi

- 1 Agustus 2023, 11:30 WIB
Korban keracunan massal diduga akibat makanan nasi boks saat reses anggota DPRD Kota Cimahi.
Korban keracunan massal diduga akibat makanan nasi boks saat reses anggota DPRD Kota Cimahi. /Pikiran Rakyat/Ririn Nur Febriani/

PRFMNEWS - Untuk mengetahui penyebab pasti kasus keracunan massal di Kota Cimahi, sampel makanan yang dihidangkan dalam acara reses salah satu anggota DPRD Kota Cimahi dikirim ke Labkesda Dinkes Jabar untuk dilakukan pemeriksaan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Mulyati menyampaikan hasil pemeriksaan mikro biologi atas sampel makanan yang diberikan kepada para korban keracunan massal di Cimahi telah diterima pihaknya.

Pemeriksaan mikro biologi dilakukan terhadap enam jenis makanan yang dihidangkan mulai dari nasi, capcay, telur balado, sambal, perkedel jagung, dan ayam suir.

Baca Juga: Anggota DPRD Kota Cimahi Eddy Sofyan Siap Diperiksa Polisi soal Kasus Keracunan Massal di Acara Resesnya

"Dari enam bahan pemeriksaan itu didapatkan hasil pemeriksaan mikro biologinya adalah bahwa di perkedel jagung ditemukan positif salmonela dan kemudian di telur balado ditemukan staphylococcus aureus," kata Mulyati saat mengudara di Radio PRFM 107,5 News Channel Senin, 31 Juli 2023 malam.

Selanjutnya, pada pemeriksaan mikro biologi pada air di dua titik di lokasi tersebut didapatkan bakteri coliform.

Selain dilakukan pemeriksaan mikro biologi, turut dilakukan juga pemeriksaan kimia lingkungan yang hasilnya mendapatkan kandungan senyawa nitrit pada dua bahan yaitu pada jagung dan perkedel jagung.

Baca Juga: Keracunan Massal di Cimahi, Jadi KLB hingga Kondisi Mencekam Ambulans Wara-wiri Antar Jemput Korban

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x