RSHS Kota Bandung Saat Ini Punya Layanan Kedokteran Nuklir, Apa Itu?

- 17 Juli 2023, 14:40 WIB
RSHS Bandung saat ini memiliki layanan Kedokteran Nuklir
RSHS Bandung saat ini memiliki layanan Kedokteran Nuklir /dok RSHS


PRFMNEWS - Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung saat ini memiliki layanan Kedokteran Nuklir yang merupakan satu-satunya Pusat Pendidikan Spesialis Kedokteran Nuklir di Indonesia.

Plt Direktur Utama, dr. Yana Akhmad, Sp.PD-KP MMRS mengatakan, Kedokteran Nuklir merupakan cabang spesialisasi kedokteran yang menggunakan radio farmaka untuk tujuan diagnostik, terapeutik, dan penelitian.

Diketahui, RSHS juga jadi pelopor layanan kedokteran nuklir di Indonesia sejak tahun 1971. Instalasi Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molekuler RSHS kami saat ini dilengkapi dengan teknologi diagnostik dan teurapeutik yang canggih, didukung oleh sumber daya manusia yang bersertifikasi nasional dan Internasional.

Baca Juga: Penyebab Kebakaran Gedung K-link Masih dalam Penyelidikan Polisi

Badan Kesehatan Sedunia (WHO) dan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) mendefinisikan ilmu kedokteran nuklir sebagai cabang ilmu kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka yang berasal dari disintegrasi inti radionuklida buatan, untuk mempelajari perubahan fisiologi dan biokimia pada tingkat sel dan molekul, serta digunakan untuk tujuan diagnostik, terapi, dan penelitian.

Menurut Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) No. 008 tahun 2009 mengenai Standar Pelayanan Kedokteran Nuklir, kedokteran Nuklir adalah suatu bidang spesialisasi kedokteran yang menggunakan sumber radiasi terbuka yang digunakan untuk menentukan suatu penyakit (diagnosis) dan mengobati penyakit.

Baca Juga: Kabar Duka: Johan Sjafri Masjhur Bapak Kedokteran Nuklir Indonesia Meninggal Dunia

Seperti dikutip dari laman resmi RSHS, pelayanan kedokteran nuklir tidak hanya sebagai penunjang tetapi memberikan pelayanan terapi juga.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x