Ungkap Rencana Kereta Gantung Lintas Ciwidey-Pangalengan, Bupati Bandung: Terminal di Gambung

- 10 Juli 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi kereta gantung yang melintasi Ciwidey-Pangalengan
Ilustrasi kereta gantung yang melintasi Ciwidey-Pangalengan /Pixabay/blitzmaerker /


PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten Bandung mencanangkan pembangunan kereta gantung dari Ciwidey ke Pangalengan untuk atasi kemacetan sekaligus mengembangkan sektor pariwisata.

Sebagai daerah yang banyak diminati wisatawan, jalur-jalur wisata seperti Ciwidey dan Pangalengan kerap mengalami kemacetan.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bandung, Dadang Supriatna akan membuat kereta gantung yang membentang dari kawasan Ciwidey hingga Pangalengan.

Baca Juga: Atasi Macet di Jalur Puncak, Kemenhub Kaji Pembangunan Kereta Gantung

Menurutnya, jika kereta gantung ini dioperasikan, maka kemacetan yang terjadi bisa berkurang karena para wisatawan tidak perlu mengendarai kendaraan lagi dan bisa langsung naik kereta gantung.

“Kereta gantung ini gagasan atau ide yang muncul karena ada masalah, bagaimana untuk pengembangan wisata Pacira (Pasirjambu, Ciwidey, Rancabali) dan Pangalengan, ini salah satu langkah utamanya harus ada pelebaran jalan. Kenapa harus ada pelebaran jalan, karena kemacetannya luar biasa,” tulis Dadang Supriatna, dikutip prfmnews.id hari Senin, 10 Juli 2023.

Pembangunan kereta gantung ini muncul sebagai opsi jika pelebaran jalan wilayah Pasir Jambu, Ciwidey, dan Rancabali tidak memungkinkan untuk dilakukan.

Baca Juga: Ada 4 Rute Kereta Gantung yang Bakal Beroperasi di Bandung Raya

“ Ke Pangalengan saja bisa sampai 3 atau 4 jam sekarang. Ini kan artinya kemacetan luar biasa,” ungkapnya.

“Kalau pelebaran jalan tidak bisa dilakukan, maka solusi lain yakni membuat kereta gantung yang langsung menghubungkan kawasan wisata Bandung Selatan,” sambungnya.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x