Ribuan Lulusan SD Kota Cimahi Dipastikan Tidak Tertampung di SMP Negeri

- 18 Juni 2023, 10:25 WIB
Ilustrasi siswa sekolah dasar (SD)
Ilustrasi siswa sekolah dasar (SD) /PRFM

 

PRFMNEWS - Ribuan siswa lulusan SD di Kota Cimahi dipastikan tidak tertampung di SMP Negeri di Kota Cimahi, karena daya tampung masih terbatas.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Cimahi, jumlah lulusan SD diperkirakan mencapai sekitar 8.000 lebih. Sedangkan daya tampung SMP negeri di Kota Cimahi hanya sekitar 4.000 orang sesuai kuota yang diputuskan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023.

"Kalau SMP memang kapasitas ideal jumlah siswa itu sesuai dengan SPM kurang lebih 4.000. Artinya hanya sekitar 50 persen yang tertampung," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono dalam keterangannya.

Baca Juga: Disdik Kabupaten Bandung Komitmen PPDB 2023 Tanpa Praktik Pungli

Seperti diketahui, PPDB di Kota Cimahi untuk jenjang SMP sudah dimulai untuk jalur afirmasi, jalur prestasi akademik dan non akademik serta jalur perpindahan orang tua. Pendaftaran dibuka hingga 14 Juni 2023. Sedangkan pendaftaran tahap kedua dibuka pada 26-30 Juni 2023.

Harjono mengatakan, untuk siswa yang tidak tertampung bisa mendaftar ke SMP swasta dan lembaga pendidikan lainnya. Menurutnya, daya tampung di sekolah swasta di Kota Cimahi mencapai sekitar 3.500.

"Sisanya kita arahkan ke sekolah swasta. Harapan kami semua anak itu mendapatkan hak belajarnya di sekolah negeri ataupun swasta," kata Harjono.

Baca Juga: Jadwal dan Kuota Jalur PPDB Kota Cimahi 2023 untuk Jenjang TK, SD dan SMP

Dirinya mengungkapkan, dalam dua tahun terakhir ini ada fenomena banyak lulusan SD yang memilih untuk masuk pesantren. Berdasarkan data dari sekolah-sekolah, ada peningkatan dalam dua tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x