Terinspirasi Tiktok, Siswa SMK di Cimahi Ciptakan Inovasi Mesin Pembuat Eskrim Sederhana

- 4 Juni 2023, 08:58 WIB
Siswa SMK TI Pembangunan Cimahi ciptakan inovasi mesin pembuat eskrim sederhana
Siswa SMK TI Pembangunan Cimahi ciptakan inovasi mesin pembuat eskrim sederhana /Cimahi.go.id

PRFMNEWS - Siswa SMK TI Pembangunan Kota Cimahi sukses menciptakan sebuah mesin pembuat eskrim sederhana berbahan limbah atau barang bekas.

Siapa sangka, ide pembuatan mesin eskrim putar itu bermula dari tontonan media sosial Tiktok.

Mereka adalah Akmal Fauzan Suwanda, Dendi Dwi Wijayanto, Firmansyah, Syahnaz dan Resti yang merupakan siswa kelas XI SMK TI Pembangunan dari jurusan Teknik Pemanasan, Tata Udara dan Pendinginan.

Baca Juga: CATAT! Ini Jadwal PPDB Jabar Tahap 1 dan Tahap 2 untuk Tingkat SMA dan SMK

"Ide awalnya saya liat di Tiktok ada video mesin pembuat eskrim simpel dengan waktu yang cepat. Saya tertarik bikin," tutur Akmal Fauzan Suwanda (17) salah seorang siswa dikutip dari laman resmi Pemkot Cimahi.

Ia pun langsung berembuk dengan teman-temannya serta guru pembimbing untuk menggarap mesin pembuat eskrim yang lebih simpel dan sederhana. Untuk mengurangi beban biaya, para siswa itupun memanfaatkan barang bekas yang memang sudah tidak terpakai lagi.

Seperti motor kompresor, mesin bor, van belt, plat besi dan sebagainya. Meskipun ada juga barang yang terpaksa harus dibeli. "Kebanyakan memang kita pakai barang yang udah ada. Yang beli itu paling cuma kabel, cat lampu. Setelah alatnya lengkap, kita rangkai dan hanya butuh sekitar seminggu," ujar Akmal.

Baca Juga: Pemprov Jabar akan Bangun SMA dan SMK Negeri Baru di 33 Kecamatan Prioritas

Ia mengatakan, mesin eskrim putar hasil karyanya bersama teman-temannya ini bisa memproduksi eskrim lebih cepat dibandingkan mesin pada umumnya yang sudah dipakai saat ini. Durasi produksinya disesuaikan dengan kapasitas bahan baku.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x