Masuki Musim Kemarau, 2 Penyakit ini Jadi Ancaman Nyata, Wajib Diwaspadai

- 11 Juli 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi Alergi Karena Kedinginan/Pixabay/nastya_gepp/
Ilustrasi Alergi Karena Kedinginan/Pixabay/nastya_gepp/ /

PRFMNEWS - Kota Bandung kini sudah memasuki musim kemarau.

Namun, kemarau kali ini adalah kemarau basah dan warga Kota Bandung wajib mewaspadai 2 jenis penyakit yang jadi ancaman di musim kemarau ini.

Dalam keterangan dari Pemkot Bandung, penyakit yang harus diwasapadai di masa kemarau ini adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan diare.

Beberapa penyakit yang termasuk ISPA di antaranya asma, flu, pilek, sinusitis, tonsilitis, faringitis, bronkitis, dan bronkiolitis.

Baca Juga: ISPA dan Diare Mengancam di Bulan Juli Ini, Warga Bandung Diminta Waspada

Subkoordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, dr. Intan Annisa Fatmawaty menyampaikan, dua penyakit ini menjadi ancaman karena suhu di Kota Bandung kini relatif dingin.

"Kalau suhu dingin, virus lebih cepat berkembang biak. Makanya penyakit-penyakit yang dikarenakan virus itu jadi meningkat, seperti ISPA dan diare," ujar Intan.

Pada kondisi suhu udara turun, sistem imun manusja juga biasanya menurun. Kemudian, pembuluh darah pun menyempit sebagai untuk mempertahankan suhu di organ-organ tubuh lainnya.

"Ketika pancaroba mulai berubah jadi musim kemarau yang hangat, orang-orang sudah mulai keluar buat jalan-jalan. Dari sana penyebaran penyakit terjadi," akunya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah