Pemkot Bandung Sediakan 30 Ribu Paket Pekerjaan Senilai Rp3,4 Triliun pada Tahun 2022

- 21 Juni 2022, 20:10 WIB
Ilustrasi proyek pekerjaan.
Ilustrasi proyek pekerjaan. /prfmnews

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyediakan sekira 30 ribu lebih paket pekerjaan senilai Rp3,4 triliun pada tahun 2022 ini. Paket pekerjaan tersebut terdiri dari pekerjaan yang melalui lelang terbuka maupun pengadaan langsung serta swakelola.

Kepala Sub Koordinator Pengelolaan Barang dan Jasa pada Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Pemkot Bandung, Eyet Cahyat Sudrajat mengatakan, dari jumlah tersebut, sekira Rp1,9 triliun merupakan paket pekerjaan yang ditenderkan dan penunjukan langsung. Sedangkan yang dilakukan swakelola, sebesar Rp1,4 triliun.

"Ini semua satu bundel. Kami mencatat (untuk tender dan non tender) ada sekira 20 ribu 902 penyedia jasa. Untuk yang swakelola semua ada sembilan ribuan," jelas Eyet ditemui di kantornya, jalan Wastukancana no 2, Selasa 21 Juni 2022.

Baca Juga: Hadirkan Waterblue, Warga Cibiru Mudah Buat E-KTP dan KK Lewat Whatsapp

Eyet menambahkan, alokasi anggaran belanja barang dan jasa sebesar Rp3,4 triliun tersebut bersumber dari APBD kota Bandung dan dana yang di transfer dari pusat (Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus).

Hingga triwulan ke-dua tahun 2022 ini, dari total 104 paket pekerjaan yang di lelangkan, baru sekira 63 paket yang sudah selesai, sedang berjalan, maupun yang persiapan lelang.

"Progres tender (lelang) sampai dengan hari ini (21/6/2022) yang sudah selesai itu ada 22 paket, dengan nilai total kontraknya mencapai 22,887 miliar lebih. Ini (paket pekerjaan) 32 persennya pekerjaan infrastruktur," ungkap Eyet.

Baca Juga: Ini Kepala Dinas Baru di Kota Bandung yang Dirotasi

Sementara untuk yang tengah di lelang, Eyet mengatakan ada 11 paket pekerjaan, dengan nilai total HPS (Harga Penawaran Sendiri) mencapai Rp38,477 miliar lebih. Satu di antaranya, paket pekerjaan lanjutan pembangunan Rumah Deret Tamansari sebesar Rp21,3 miliar.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x