Benarkah Setelah Divaksin Covid-19 Lalu PCR, Hasilnya Jadi Positif ? Ini Jawaban Dinkes

- 12 Februari 2022, 13:21 WIB
Ilustrasi PCR
Ilustrasi PCR /Pexel


PRFMNEWS - Di tengah melonjaknya kasus Omicron, Pemerintah terus mempercepat akselerasi vaksinasi bagi semua golongan. Namun beredar kabar, setelah divaksin kemudian tak berselang lama ditest PCR, maka hasilnya akan positif Covid-19. Benarkah demikian?

Semua jenis vaksin Covid-19 baik Sinovac, Sinopharm, AstraZeneca, Moderna, atau pun Pfizer, merupakan vaksin yang berisi virus Covid-19 yang sudah dimatikan.

Perbedaan nya, jika Sinovac/Sinopharm menggunakan virus Covid-19, sementara Moderna dan Pfizer hanya mengambil mRNA (Mesengger Ribonukleat Acid), yaitu teknologi yang lebih modern dibandingkan Sinovac/Sinopharm.

Baca Juga: CEK FAKTA: Polusi Udara Penyebab Penyebaran Omicron Meningkat, Benarkah Pernyataan Babeh Aldo?

"Kalau sinovac / sinopharm teknologi lama, virus mati yg diambil nya dijadikan antigen untuk memancing daya tahan tubuh. Kalau pfizer sama moderna jenis mRNA. Jadi hanya gen atau bagian dari virusnya saja yang dimasukan," jelas dr. Rosye Arosdiani, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Bandung, saat dihubungi Sabtu 12 Februari 2022.

Rosye menambahkan, meski berisi virus Covid-19, vaksin yang disuntikkan kepada masyarakat semuanya tidak ada yang dalam keadaan hidup. Semua sudah dalam keadaan mati, karena hanya bagian dari virusnya yang disuntikkan.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah BPJS Kesehatan Bantuan Pemerintah Jika Tak Dipakai Selama Satu Tahun Akan Dinonaktifkan?

Dengan kata lain, jika seseorang telah di vaksin kemudian melakukan tes PCR untuk berbagai alasan kepentingan, hasil PCR seandainya menunjukkan hasil positif, tidak berkaitan dengan vaksin.

Rosye menegaskan, tes usap Antigen atau pun PCR dilakukan melalui hidung dan mulut. Sehingga hanya virus yang masuk lewat udara dan tertangkap di hidung atau mulut saja yang teridentifikasi.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah KIS Akan Nonaktif Jika Tak Pernah Dipakai dalam Satu Tahun? ini Fakta Sebenarnya

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x