Tingkatkan Kompetensi Penyelamatan, Diskar PB Gandeng Vertical Rescue

- 30 November 2021, 09:58 WIB
Diskar PB Kota Bandung yang menandatangi kerjasama dengan Vertical Rescue Indonesia.
Diskar PB Kota Bandung yang menandatangi kerjasama dengan Vertical Rescue Indonesia. /Tommy Riyadi

PRFMNEWS - Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) kota Bandung terus melakukan upaya pengembangan potensi sumber daya anggotanya. Salah satu yang dibidik yaitu kemampuan penyelamatan area ketinggian (vertical rescue).

Kepala Diskar PB kota Bandung, Dadang Iriana menjelaskan, guna memenuhi kompetensi dalam bidang tersebut, pihaknya menggandeng Vertical Rescue Indonesia untuk bekerjasama. Langkah ini dilakukan, seiring perkembangan kota Bandung yang begitu pesat, sehingga resiko kebencanaan semakin beragam.

"Vertical Rescue Indonesia kita ketahui memiliki kompetensi yang sudah tidak diragukan lagi dalam upaya penyelamatan, terutama penyelamatan dari ketinggian. Kami membutuhkan ini," jelas Dadang usai Penandatanganan Komitmen Kemitraan antara Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung dengan Vertical Rescue Indonesia, di Kantor Diskar PB jalan Sukabumi, Senin 29 November 2021.

Baca Juga: Sambil Makan Soto, Erick Thohir Asyik Nyanyi Lagu Ini Bareng Pengamen Muda di Pekanbaru

Dadang melanjutkan, pembangunan gedung bertingkat di kota Bandung memberikan dampak ke berbagai sektor, termasuk penanganan keselamatan. Ancaman kebakaran di gedung tinggi, menjadi hal yang harus diperhatikan serius.

Menurut Dadang, kemampuan individu dan regu penyelamatan ketinggian membutuhkan keahlian tambahan, dan tidak bisa disamakan dengan penyelamatan di darat.

"Inilah mengapa kami juga menginginkan skill atau kemampuan anggota untuk masalah itu. Dan Vertical Rescue Indonesia salah satu jawabannya," tandas Dadang.

Baca Juga: Anggota DPRD Main Catur di Jam Kerja, Dedi Mulyadi: Malu-Maluin Saya

Para instruktur dari Vertical Rescue Indonesia nantinya akan memberikan pelatihan kepada anggota Diskar PB secara berkala setiap tiga bulan. Diharapkan, anggota Diskar PB yang memiliki kemampuan penyelamatan ketinggian (Vertical Rescue) semakin bertambah.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x