Pemkot Bandung Buat Aplikasi Pengecekan Kelayakan dan Kesehatan Hewan Kurban, Begini Cara Pakainya

- 16 Juli 2021, 13:59 WIB
Ilustrasi hewan kurban.
Ilustrasi hewan kurban. /Dok PRFMNEWS

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) membuat apolikasi digital untuk kelayakan dan kesehatan hewan kurban. 

Aplikasi pengecekan kelayakan dan kesehatan hewan kurban milik Pemkot Bandung itu dinamakan e-Selamat.

Kepala DKPP Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menjelaskan, aplikasi e-lSelamat memuat data hewan kurban yang telah diperiksa oleh Tim Pemeriksa Hewan Kurban.

Baca Juga: Hengky Kurniawan Instruksikan Aparat Desa dan Kecamatan Berperan Aktif Tangani Pasien Covid-19

Ia memaparkan, para tim pemeriksa biasanya menyematkan kalung sebagai tanda sehat dan layak untuk hewan kurban. Namun, kali ini dalam kalung tersebut dilengkapi barcode.

Petugas tim pemeriksa akan mengunggah beragam informasi hewan kurban ke aplikasi e-Selamat berdasarkan hasil dari pemeriksaan.

Dari barcode tersebut calon pembeli bisa mengakses informasi mengenai hewan kurban tersebut.

“Tahun ini kita mengembangkan aplikasi e-Selamat. Kita kembangkan untuk mendata identitas hewan kurban. Terkait asalnya dari mana, terkait syarat-suaratnya, usia kondisi kesehatan, dan sebaginya,” ucap Gin Gin baru-baru ini.

Bagi masyarakat yang ingin memastikan kesehatan dan kelayakan hewan tersebut bisa menggunakan aplikasi e-Selamat dari Instagram DKPP ataupun melalui link di website resminya.

Apabila sudah memiliki aplikasi tersebut, maka bisa digunakan dengan hanya memindai kode barcode yang tertera pada kalung di hewan kurban.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x