Pemkot Bandung Siapkan Anggaran Miliaran Rupiah untuk Bansos PPKM Darurat

- 7 Juli 2021, 14:13 WIB
Ilustrasi Bansos
Ilustrasi Bansos /Dok. PRFM News

 

PRFMNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali menyiapkan anggaran untuk program Bantuan Sosial (Bansos) bagi warga Kota Bandung sebesar Rp500 ribu selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung sekaligus Ketua Harian Satgas Covid-19 kota Bandung, Ema Sumarna menuturkan, dana bansos tersebut bersumber dari APBD kota Bandung tahun 2021 dari rekening Belanja Tak Terduga (BTT).

Jika mengacu pada data tahun lalu, sasaran penerima bansos tunai itu sebanyak 60 ribu warga.

Baca Juga: Puluhan Pelaku Usaha Disidang Atas Kasus Pelanggaran PPKM Darurat, Kena Denda hingga Rp700 Ribu

“Kita berangkat tahun lalu, 500 ribu tapi belum jadi keputusan. Gambaran pak Tono (Rusdiantono-Kadinsos Kota Bandung) ada 60 ribu warga non-DTKS, tapi belum final. Kita sementara ini tetap melakukan realokasi, menambah btt mengacu pada Permandagri dan Inmendagri. Termasuk memikirkan jps bagi non DTKS, kalau dtks sudah ditangani pusat,” jelas Ema di jalan Industri, Rabu 7 Juli 2021.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan (Dinsosnangkis) Kota Bandung, Tono Rusdiantono menjelaskan, warga penerima manfaat adalah mereka yang tidak masuk dalam daftar DTKS. Diperkirakan, dana yang dibutuhkan sebesar Rp30 miliar untuk 60 ribu warga non-DTKS.

Baca Juga: Warga Cimahi yang Masa Berlaku SIM Habis pada 3-20 Juli Dapat Keringanan Jatuh Tempo

“Yang akan dibantu data sementara sebanyak 60.000 KPM/ KK. Rencana yang akan di bantu non DTKS, karena yang DTKS nya sudah di cover oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemensos. Perkiraan sementara 500 ribu per KK, dan menerimanya 1 kali selama masa PPKM darurat Covid-19,” jelas Tono melalui aplikasi percakapan Whatsapp, Rabu 7 Juli 2021.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x