Antisipasi Tanggul Jebol di Solokan Jeruk, BPBD Akan Buat Tanggul Permanen

- 12 Juni 2021, 08:41 WIB
 Kondisi terkini tanggul jebol di  Kampung Muara, Desa Penyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Sabtu 12 Juni 2021.
Kondisi terkini tanggul jebol di Kampung Muara, Desa Penyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Sabtu 12 Juni 2021. /Iwan Setiawan Siaga Warga - PRB TD


PRFMNEWS - Ratusan rumah di Kampung Muara, Desa Penyadap, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung terendam banjir akibat jebolnya tanggul sementara, Jum'at 11 Juni 2021.

Tanggul sementara itu kembali jebol karena tak kuat menahan debit air luapan Sungai Cisunggalah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung, Ahmad Djohara mengatakan pihaknya akan segera membuat tanggul permanen agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Baca Juga: Tanggul Jebol Lagi, Puluhan Rumah di Solokan Jeruk Bandung Terendam Banjir Malam Ini

"Yang jebol itu di sebelah tanggul kemarin yang jebol. Ini jadi evaluasi untuk dibuat tanggul permanen dengan struktur kuat. Kondisi tanah saat ini tidak kuat menahan luapan air. Kalau tidak segera diperbaiki bisa terulang," katanya saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu 12 Juni 2021.

Baca Juga: Update Terbaru Covid-19 Kota Bandung : Konfirmasi Aktif Meningkat, Kasus Sembuh Juga Naik

Rencananya lanjut Ahmad pembuatan tanggul permanen akan dilakukan secepatnya. Dana pembuatan tanggul jebol diambil dari APBD Kabupaten Bandung.

"Kita akan percepat mungkin hari ini (Sabtu-red) atau Minggu. Pengerjaan tanggul jebol sudah dilakukan tapi sementara dulu," jelasnya.

Baca Juga: Kerjasama dengan Pemprov DKI, Kini Beras Warga Jakarta Dipasok dari Sumedang

Untuk sementara, BPBD sendiri telah mengevakuasi warga terdampak ke tempat yang lebih aman. Pasalnya sejumlah rumah warga masih dipenuhi lumpur.

Halaman:

Editor: Asep Yusuf Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x