Ratusan Ayam di Kabupaten Bandung Barat Mati Mendadak Setelah Positif Flu Burung

- 4 Desember 2020, 16:27 WIB
ILUSTRASI ayam, unggas, flu burung.*
ILUSTRASI ayam, unggas, flu burung.* /PIXABAY/

PRFMNEWS – Ratusan unggas di Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendadak mati sejak Jumat 27 November 2020 lalu.

Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB menyatakan bahwa 100 ayam tersebut setelah dilakukan rapid test terbukti terpapar virus flu burung. Diketahui, virus tersebut dibawa oleh ayam yang dibeli dari pengepul di wilayah KBB lainnya.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dispernakan Kabupaten Bandung Barat, Wiwin Apriyanti menyebut pihaknya mendapatkan laporan pada awal Desember 2020 dan langsung melakukan pengendalian pada hewan tersebut.

Baca Juga: Hari Ini, Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Masih di Atas 5.000, Total Jadi 563.680 Kasus

“Kemudian kami lakukan rapid test hasilnya 99 persen, keakurasiannya menunjukan hasil positif flu burung. Namun, sudah kami segera lakukan pengendalian berupa ayam-ayam yang mati tersebut kami lakukan penanganan bangkai dengan baik dan benar sesuai SOP. Kita bakar, kubur, dan sekitarnya ditabur dengan kapur,” ungkapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Jumat 4 Desember 2020.

Wiwin menyebut pihaknya pun telah melakukan serangkaian antisipasi guna mencegah penyebaran virus flu burung di KBB. Ia pun meminta pemilik unggas untuk tetap waspada dan melihat terus perkembangan hewan ternaknya dan tidak melepasliarkan hewan ternaknya.

“Kami juga mengantisipasi untuk wilayah lainnya, agar apabila ada unggas sakit atau unggas baru membeli agar segera diisolasi ditempatkan terpisah dari unggas yang lama selama 14 hari. Apabila terlihat sehat dan tidak ada masalah baru bisa disatukan dengan yang lain,” kata dia.

Baca Juga: Kondisi Terkini Beckham Putra Pasca Cedera Lutut yang Menimpanya Saat Latihan di Timnas

Selain itu, penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pun harus senantiasa dilakukan secara disiplin. Guna mencegah penyebaran virus corona di KBB.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x