Buka Musrenbang Provinsi Papua Barat, Wamendagri Ingatkan Pentingnya Sukseskan Pilkada Serentak

- 30 April 2024, 10:03 WIB
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Papua Barat Tahun 2024 yang berlangsung di Ballroom Meridien Hotel Aston Viu Manokwari, Papua Barat, Senin, 29 April 2024.
Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Papua Barat Tahun 2024 yang berlangsung di Ballroom Meridien Hotel Aston Viu Manokwari, Papua Barat, Senin, 29 April 2024. /Kemendagri/

PRFMNEWS - Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo mengingatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat agar menyukseskan Pilkada Serentak 2024.

Hal ini disampaikan Wempi saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Papua Barat Tahun 2024 yang berlangsung di Ballroom Meridien Hotel Aston Viu Manokwari, Papua Barat, Senin, 29 April 2024.

"Masih ada tugas yang masih tersisa untuk kita sukseskan bersama ke depan, yaitu adalah sukseskan agenda Pilkada Serentak," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wempi meminta Penjabat (Pj.) Gubernur Papua Barat, Kapolda, dan seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), baik di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk bekerja sama menyukseskan agenda nasional tersebut.

Baca Juga: Wamendagri: Musrenbang Papua Barat Tahun 2024 Jadi Momentum Perbaikan Pelayanan kepada Rakyat

Lebih lanjut, Wempi menekankan, Musrenbang merupakan wadah sinkronisasi perencanaan program pembangunan nasional dan daerah. Ini terutama membahas rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) provinsi tahun 2025 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi tahun 2025-2045.

Dirinya menjelaskan, pembahasan rancangan RKPD dilaksanakan untuk menyepakati permasalahan, prioritas, program, kegiatan, pagu indikatif, indikator, dan target kinerja, serta lokasi pembangunan daerah.

Selain itu, menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional. Kegiatan ini juga untuk mengklarifikasi program dan kegiatan provinsi dengan program dan kegiatan kabupaten/kota yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang kabupaten/kota.

"Kalau kita berbicara sinkronisasi pembangunan perencanaan nasional dan daerah, ini akan sesuai dengan visi besar Indonesia Emas tahun 2045, yang pertama adalah perencanaan dan strategi taktis, yang kedua stabilitas, dan yang ketiga keberlanjutan dan kesinambungan kepemimpinan," tegasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah