Long Weekend Akhir Maret, KAI Siapkan 49 Kereta Tambahan ke Berbagai Rute Tujuan Favorit

- 27 Maret 2024, 17:30 WIB
Penumpang menikmati perjalanan kereta api
Penumpang menikmati perjalanan kereta api /PT KAI

PRFMNEWS – PT Kereta Api Indonesia atau KAI menyiapkan 49 perjalanan kereta api (KA) tambahan menjelang periode long weekend atau libur panjang akhir pekan pada Jumat tanggal 29 hingga Minggu tanggal 31 Maret 2024.

Periode long weekend yang mendorong KAI siapkan 49 perjalanan KA tambahan ke berbagai rute tujuan kota di Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Timur (Jatim) yakni, 29 Maret 2024 merupakan libur nasional Wafat Yesus Kristus dan 31 Maret 2024 adalah tanggal merah Hari Paskah.

Pengoperasian 49 kereta api tambahan pada masa libur long weekend 29-31 Maret 2024 yang juga bertepatan dengan momen jelang masa arus mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi ini dilakukan KAI guna mengantisipasi terjadinya lonjakan jumlah penumpang.

“Penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut ditujukan untuk mengantisipasi peningkatan volume pelanggan pada libur panjang akhir Maret 2024. Periode tersebut juga berpotensi dimanfaatkan masyarakat untuk mudik jauh-jauh hari sebelum Lebaran,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resminya, Rabu 27 Maret 2024.

Joni menyebutkan sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend akhir Maret 2024 yang juga bertepatan dengan momen jelang arus mudik Lebaran 1445 Hijriah adalah Jakarta – Surabaya pp, Jakarta – Solo pp, Yogyakarta – Banyuwangi pp, Bandung – Blitar pp, Surabaya – Banyuwangi pp, dan relasi lainnya.

“Di masa long weekend Libur Wafat Yesus Kristus (29 s.d. 31 Maret 2024), PT Kereta Api Indonesia akan mengoperasikan 924 KA jarak jauh atau rata-rata 231 perjalanan KA jarak jauh pada periode Kamis (28 Maret 2024) s.d. Minggu (31 Maret 2024),” imbuh dia.

Berikut adalah daftar 49 perjalanan KA jarak jauh tambahan yang dioperasikan KAI pada periode long weekend akhir Maret 2024:

- 6 perjalanan KA Sembrani Tambahan relasi Gambir – Surabaya Pasarturi pp
- 5 perjalanan KA Taksaka Tambahan relasi Gambir – Yogyakarta pp
- 5 perjalanan KA Lodaya Tambahan relasi Bandung – Solo Balapan pp
- 4 perjalanan KA Argo Cheribon relasi Gambir – Cirebon pp
- 4 perjalanan KA Manahan/Manahan Tambahan relasi Gambir – Solo Balapan pp
- 3 perjalanan KA Gajayana Tambahan relasi Gambir – Malang pp
- 3 perjalanan KA Ciremai relasi Bandung – Semarang Tawang Bank Jateng pp
- 3 perjalanan KA Brantas Tambahan relasi Pasarsenen – Blitar pp
- 3 perjalanan KA Kertajaya Tambahan relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi pp
- 3 perjalanan KA Kutojaya Utara Tambahan relasi Pasarsenen – Kutoarjo pp
- 2 perjalanan KA Mutiara Timur relasi Surabaya Pasarturi – Ketapang pp
- 2 perjalanan KA Argo Merbabu Tambahan relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng pp
- 2 perjalanan KA Purwojaya Tambahan relasi Gambir – Cilacap pp
- 2 perjalanan KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto – Malang pp
- 2 perjalanan KA Pasundan Tambahan relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng pp

“Penambahan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” kata Joni.

Joni menyampaikan bagi calon pelanggan yang ingin menggunakan kereta api pada long weekend ini namun belum memiliki tiket, dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x