VAR Sudah Siap Digunakan di Championship Series Liga 1 2023/2024

- 28 Maret 2024, 14:00 WIB
Uji coba var di Indomilk Arena.
Uji coba var di Indomilk Arena. /PT LIB/

PRFMNEWS - Jelang championship series pada Liga 1 2023/2024, PSSI bersama dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) terus mematangkan rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR).

Berbagai rangkaian ujicoba terus dilakukan agar penggunaan VAR bisa sangat baik pada saatnya nanti.

Ujicoba terbaru dilakukan di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, pada 23-26 Maret 2024 yang menjadi ujicoba terakhir.

Ujicoba penggunaan VAR itu diikuti 13 wasit VAR, 22 Asisten wasit VAR serta 18 Replay Oparator (RO) mengikuti ikut ambil bagian dalam uji coba ini dengan pemantauan langsung dari instruktur wasit FIFA asal Malaysia, Subkhiddin Mohd Saleh.

Baca Juga: 20 Stadion di Indonesia Bakal Dilengkapi Sarana Prasarana Pendukung VAR

Subkhiddin mengatakan, serangkaian uji coba penerapan VAR di Indonesia berjalan dengan lancar, sehingga sudah bisa digunakan pada babak Championship Series nanti.

"Kami mengadakan final assessment untuk menilai kemampuan, kapabilitas, dan cara berkomunikasi mereka dengan wasit yang ada di lapangan. Hasilnya sangat baik dan saya katakan lulus," kata Subkhiddin.

Uji coba ini menjadi langkah penting dalam memperkenalkan teknologi VAR ke dalam kompetisi sepak bola. Dengan melibatkan para wasit VAR, AVAR, dan Replay Operator, diharapkan penggunaan VAR dapat memberikan kontribusi positif dalam meminimalisir kesalahan dalam pertandingan sepak bola.

Baca Juga: VAR Sudah Digunakan di Final EPA Liga 1 U20, Hawk-Eye: Masih Harus Ada Peningkatan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x