Liga 1 2020 Dapat Lampu Hijau Untuk Kembali Dilanjutkan

- 17 September 2020, 15:01 WIB
Shopee Liga 1.
Shopee Liga 1. /Liga Indonesia./



PRFMNEWS – Kepastian dilanjutkannya kembali kompetisi Liga 1 2020 akhirnya jelas.

Liga 1 yang rencananya bakal kembali dilanjutkan pada Oktober mendatang, sudah mendapat lampu hijau atau izin dari pemerintah untuk kembali dilanjutkan.

Hal itu dipastikan setelah PSSI menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait penyelenggaraan kelanjutan liga yang aman di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga: UPDATE: Bukan Hanya Pagi dan Malam, 5 Jalan di Kota Bandung Ditutup juga Pada 14.00 WIB - 16.00 WIB

Kerja sama tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan, termasuk latihan dan kompetisi nantinya bakal berjalan sesuai dengan protokol kesehatan serta pengawasan dari dinas kesehatan di daerah setempat.

“Olahraga menjadi salah satu daya tarik setiap bangsa. Kami akan memberikan fasilitas untuk kelanjutan kompetisi,” ujar Kepala BNPB yang juga Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Jakarta, Kamis 17 September 2020.

“Pertandingan olahraga sangat penting, tetapi kesehatan seluruhnya, baik pemain maupun ofisial harus menjadi prioritas kita,” kata dia menambahkan.

Baca Juga: Baru Saja Rilis, Tom Holland ‘Spider-Man’ Bermain di The Devil All The Time

Dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Doni menjelaskan bahwa sebelum memulai kembali kompetisi, penyelenggara harus terlebih dahulu melakukan simulasi demi memastikan protokol kesehatan di arena pertandingan berjalan dengan baik dan tidak ada celah sedikitpun dari kemungkinan penularan Covid-19.

Jika ada peningkatan status zonasi daerah, BNPB meminta agar penyelenggara kembali melakukan evaluasi, termasuk mempertimbangkan rencana realokasi pertandingan.

Penyelenggara juga diminta agar bekerja sama dengan masyarakat setempat untuk memastikan tidak akan ada yang datang untuk menonton pertandingan secara langsung di stadion.

“Mohon panitia agar kerja sama langsung dengan masyarakat untuk meminta kesadaran mereka agar nonton di televisi,” katanya.

Baca Juga: Mulai Jumat Besok 5 Ruas Jalan di Kota Bandung Ditutup Pada Pagi dan Malam Hari

Izin penyelenggaraan Liga 1 2020 bukan tanpa syarat. Selain harus dilakukannya rapid test yang rutin bagi pemain dan ofisial klub, Liga 1 musim ini juga berlangsung tanpa penonton. Selain itu, seluruh pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa.

Selain Liga 1, kompetisi Liga Bola Basket Indonesia (IBL) juga mendapatkan izin untuk diselenggarakan.

IBL akan kembali memutar kompetisinya di Mahaka Square Arena, Jakarta,13-27 Oktober dengan menerapkan pola “gelembung” seperti yang telah diterapkan oleh NBA.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x