Di Hari Pahlawan, IDI Minta Hal Ini Kepada Pemerintah dan Masyarakat

- 11 November 2020, 13:27 WIB
Ilustrasi proses swab test.
Ilustrasi proses swab test. //Dok Humas Pemprov Jabar.

PRFMNEWS - Di tengan pandemi covid-19, dokter beserta dengan tenaga kesehatan lainnya merupakan bagian penting dalam penanaganan masalah kesehatan ini.

Ketua Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Adib Khumaidi mengatakan, dokter dan tenaga medis lainnya merupakan pihak yang paling rentan terpapar covid-19. Bakan ratusan dokter dan tenaga kesehatan lain gugur saat berjuang melawan covid-19.

Adib menjelaskan, pada momentum hari pahlawan kemarin, pihaknya meminta kepada pemerintah untuk memberikan perlindungan dan perhatian lebih para tenaga medis.

Baca Juga: Kampanye ShopeePay Deals Rp1 Lebih Meriah di 11 November

"Kita tidak dalam satu konteks yang berlebihan, tapi kita tahu bahwa saat ini tenaga medis, tenaga kesehatan, menjadi tenaga strategis yang dibutuhkan negara karena peperangangan dengan covid ini masih berlangsung. Sehingga kami berharap perlindungan dan keselamatan tenaga medis dan tenaga kesehatan ini menjadi satu prioritas yang bisa dilakukan semua pihak terutama negara," jelas Adib saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Rabu 11 November 2020.

Di era adaptasi kebiasaan baru (AKB), pemerintah telah mengeluarkan pedoman pelayanan di rumah sakit. Menurut Adib, hal itu harus dibarengi dengan pengawasan yang ketat dan berlanjut.

"Yang penting bukan pedoman tertulisnya, tapi bagaimana ada upaya dari pemerintah juga untuk melakukan pengawasan apakah tempat pelayanan baik itu di fasilitas kesehatan primer atau di rumah sakit itu benar-benar memberikan perlindungan tenaga medis dan tenaga kesehatan," tegasnya.

Baca Juga: Cara Belanja Hemat untuk Meriahkan 11.11, Lihat Caranya di Sini

Pemerintah diminta mengawasi benar bagaimana pengelokaan fasilitas kesehatan di tengah pandemi covid-19 mulai dari sarana prasarana, fasilitas pemeriksaan rutin PCR dan gratis bagi dokter dan tenaga kesehatan lainnya, hingga jaminan nutrisi.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x