Kemendagri Gelar Halalbihalal, Menteri Tito: ini Momentum Penguatan Internal yang Lebih Solid

- 18 April 2024, 14:36 WIB
Mendagri Tito Karnavian saat memberikan pidato dalam acara halalbihalal di Halaman Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis 18 April 2024.
Mendagri Tito Karnavian saat memberikan pidato dalam acara halalbihalal di Halaman Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis 18 April 2024. /Kemendagri/

PRFMNEWS - Salah satu hal yang biasa dilakukan di awal bulan syawal, setiap lembaga sering menggelar acara halalbihalal atau silaturahmi pasca lebaran idulfitri.

Hal sama digelar oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) yang menggelar halalbihalal di Halaman Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Kamis 18 April 2024.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengatakan, kegiatan halalbihalal ini menjadi momentum penguatan internal yang lebih solid dan baik bagi Kemendagri dan BNPP.

Dia pun tak lupa menyampaikan ucapan mohon maaf kepada semua hadirin acara halalbihalal Kemendagri dan BNPP.

“Masih dalam suasana Lebaran tentunya saya mohon maaf dan keluarga kalau ada kesalahan, Minal Aidin Walfaizin mohon maaf lahir batin. Kesempatan juga bagi kita untuk saling bersilaturahmi, saling bermaaf-maafan, saling mendekatkan diri di antara kita sebagai sesama kolega,” katanya.

Baca Juga: 4 Alasan Kemendagri Ubah E-KTP Jadi IKD yang Miliki Banyak Keunggulan Manfaat

Mendagri dalam amanatnya menyampaikan, dalam teori tenda kelompok (group tent) disebutkan bahwa tenda memiliki peran sangat penting untuk melindungi anggota di dalamnya dari berbagai kesulitan, seperti panas dan hujan. Tenda bisa berdiri kokoh ketika semua anggota di bawahnya ikut menopang. Namun, jika ada anggota yang tidak menopang kekuatan di dalam tenda, maka tenda tersebut bisa roboh.

“Saya minta semua mendorong mendukung tenda itu tetap berdiri dengan menjalankan tugas sesuai dengan tugas masing-masing dengan sebaik-baiknya, kalau ada yang mencemari nama baik. Dia akan merontoki tenda itu, dan akan merusak semuanya,” ungkapnya.

Mendagri menegaskan, tenda tersebut dalam konteks ini adalah institusi Kemendagri dan BNPP yang harus ditunjang dan didukung oleh semua anggota tanpa terkecuali, sesuai dengan peranan dan tugas di bidang masing-masing. Sebab di tenda inilah para anggota ikut berlindung, mencari makan, mendapatkan status sosial, serta dihormati oleh masyarakat, tetangga, dan keluarga.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x