Mau Kuliah di Itenas? Cek Jalur Pendaftarannya, Ada Diskon UKT dan Kesempatan Lulus Lebih Cepat

- 28 Maret 2024, 10:31 WIB
Kampus Itenas Bandung 1
Kampus Itenas Bandung 1 /

PRFMNEWS - Sejumlah perguruan tinggi, khususnya di Jawa Barat, telah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk tahun akademik 2024/2025, tak terkecuali Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung yang sudah terakreditasi “Unggul”.

Pada tahun akademik 2024/2025 ini, Itenas membuka lima jalur seleksi yang bisa diikuti oleh para calon mahasiswa baru.

Pertama ada jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMdK) yang terbagi ke dalam beberapa periode. Untuk saat ini, sedang dibuka periode ketiga yang pendaftarannya ditutup pada 20 April 2024. Di jalur ini, calon mahasiswa akan mendapat potongan Uang Kuliah Tetap (UKT) sampai 25%.

Sistem seleksinya tidak jauh berbeda dengan Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang ada di perguruan tinggi negeri yang menggunakan nilai rapor atau jalur prestasi. Tidak hanya itu, Itenas juga menerima calon mahasiswa dengan jalur Keaktifan dalam Organisasi dan jalur Media Sosial.

Kampus Itenas Bandung 2
Kampus Itenas Bandung 2

Baca Juga: Cerita di Balik 'Pohon Hayat' Logo IKN Karya Alumni Itenas Bandung

Yang kedua ada jalur Ujian Saringan Masuk (USM) dengan mekanisme ujian tulis yang diselenggarakan secara daring. Untuk saat ini, sedang dibuka periode 2 yang pendaftarannya akan berakhir pada 22 April 2024.

Ketiga, One Day Test (ODT). Jalur ini sama seperti USM yang ujiannya tertulis, tetapi yang membedakan adalah waktu penyelenggaraan dan waktu keluarnya hasil ujian. Dalam jalur ODT, peserta bisa memilih hari ujian sesuai hari dan jam kerja, hasilnya pun keluar sehari setelah tes. Mulai tahun 2024, Itenas juga melaksanakan ODT roadshow di sejumlah sekolah pilihan yang dikunjungi tanpa dipungut biaya apapun.

Keempat, Itenas membuka jalur skor Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Jalur ini akan dibuka setelah hasil SNBT 2024 keluar, dan para peserta cukup mendaftarkan diri ke Itenas menggunakan sertifikat skor SNBT tersebut. Namun, jangan khawatir, bagi peserta SNBT 2022 dan 2023 masih bisa mendaftar di tahun ini.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x