Mudik Gratis Kemenhub 2024 Naik Bus: Cara Daftar, Kota Tujuan, Jadwal dan Lokasi Berangkat

- 6 Maret 2024, 10:00 WIB
Cek Informasi Mudik Gratis Kemenhub 2024 dari Kemenhub dengan bus untuk beberapa tujuan.
Cek Informasi Mudik Gratis Kemenhub 2024 dari Kemenhub dengan bus untuk beberapa tujuan. /Dokumen Antara

PRFMNEWS – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) membuka pendaftaran program mudik gratis masa angkutan Lebaran Idul Fitri 1445 H/2024 M. Tersedia sebanyak 722 unit bus untuk mengangkut peserta arus mudik dan arus balik 2024 ke 33 kota tujuan.

Info cara daftar online, rute kota tujuan, hingga jadwal (jam dan tanggal) serta lokasi keberangkatan bus yang mengangkut peserta mudik dan balik gratis Lebaran Idul Fitri 2024 ini diumumkan melalui website dan akun Instagram resmi Ditjen Hubdat Kemenhub, Selasa 5 Maret 2024.

Dirjen Hubdat Kemenhub Hendro Sugiatno mengatakan pada program mudik gratis 2024 ini tersedia pula kuota untuk pengangkutan 900 unit sepeda motor milik peserta untuk masa arus mudik dan balik dengan menggunakan truk juga secara gratis.

“Disediakan kuota 450 unit motor untuk arus mudik dengan 15 truk dan 450 unit untuk arus balik yang diangkut dengan 15 unit truk juga. Jadi akan ada 30 unit truk,” kata Hendro.

Sedangkan total kuota penumpang yang akan diangkut menggunakan 722 unit bus adalah sebanyak 30.088 peserta, terdiri atas 24.368 orang untuk arus mudik dan 5.720 orang untuk arus balik.

Baca Juga: Program Mudik Gratis KA, Kemenhub Pastikan Dua Dokumen ini Harus Sesuai

Lebih lanjut ia menjabarkan 33 kota tujuan mudik dan balik pada program mudik gratis Ditjen Hubdat Kemenhub tahun 2024 yang tersebar di Provinsi Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur (Jatim), wilayah Kalimantan dan Sumatera.

Secara rinci, 3 kota tujuan di Jabar yaitu Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon. Kemudian Jateng dan DIY sebanyak 19 kota yaitu Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, Sragen, dan Yogyakarta.

Selanjutnya Jatim ada 5 kota yaitu Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung. Di Kalimantan 2 kota yakni Banjarmasin dan Pangkalan Bun, kemudian Sumatera 4 kota yaitu Lampung, Palembang, Bengkulu, dan Padang.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x