Potensi Beda, Ini Tanggal Awal Puasa Ramadhan 2024 Menurut Pemerintah, NU, Muhammadiyah

- 3 Maret 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi puasa Ramadhan
Ilustrasi puasa Ramadhan /Pixabay/mohamed_hassan

PRFMNEWS – Simak jadwal awal Ramadhan 1445 H/2024 M sebagai penentu hari pertama ibadah puasa wajib antara Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Pemerintah yang berpotensi berbeda.

Tanggal awal Ramadhan 2024 penting diketahui umat Islam di seluruh negara termasuk Indonesia untuk memastikan kapan mereka akan mulai menjalankan puasa Ramadhan selama satu bulan penuh yang tahun ini jatuh pada bulan Maret 2024.

Muhammadiyah secara resmi sudah mengumumkan tanggal 1 Ramadhan 2024, sedangkan Nahdlatul Ulama (NU) masih sama seperti Pemerintah yang menunggu hasil sidang isbat awal Ramadhan 1445 H dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Penetapan 1 Ramadhan 1445 H sebagai penentu hari pertama puasa wajib akan dilakukan Pemerintah melalui sidang isbat yang digelar di Auditorium H.M Kemenag, Jakarta Pusat, Minggu 10 Maret 2024.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, menyampaikan bahwa Tim Hisab dan Rukyat Kemenag akan dilibatkan dalam sidang isbat. Sidang tersebut juga akan diikuti oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG); dan undangan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI (Majelis Ulama Indonesia) dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," ujar Adib dalam keterangan tertulisnya di laman resmi Kemenag.

Meski masih menunggu hasil sidang isbat, berdasarkan Kalender Islam Hijriah yang dirilis oleh Kemenag, diprediksi awal puasa Ramadhan 2024 akan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Selanjutnya mengenai perkiraan awal Ramadhan 1445 H menurut NU disampaikan Ketua Lembaga Falakiyah Pengurus Besar NU (PBNU) K.H. Sirril Wafa.

Sirril menyatakan pihaknya telah melakukan perhitungan awal Ramadhan 2024 dengan pengamatan posisi hilal, baik dari sisi tinggi maupun elongasinya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x