Update KNKT soal Pengungkapan Penyebab Tabrakan Kereta Api di Bandung

- 16 Januari 2024, 13:00 WIB
Lokasi kejadian tabrakan kereta api di petak jalur Cicalengka - Haurpugur Bandung, Jumat 5 Januari 2024
Lokasi kejadian tabrakan kereta api di petak jalur Cicalengka - Haurpugur Bandung, Jumat 5 Januari 2024 /Dok PRFM

CICALENGKA, PRFMNEWS - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) kini masih melakukan investigasi untuk mengungkap penyebab tabrakan antara Kereta Api (KA) 65A Turangga dan KA 350 Lokal Bandung Raya di KM 181+700 petak jalan Cicalengka – Haurpugur, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang terjadi pada Jumat, 5 Januari 2024 lalu.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menjelaskan proses penyelidikan dan analisa masih terus dilakukan tim investigator moda perkeretaapian KNKT guna mencari penyebab terjadinya kecelakaan dan menerbitkan rekomendasi keselamatan atas kasus tabrakan ‘adu banteng’ kedua KA yang menewaskan 4 pegawai PT KAI.

Dalam upaya untuk memahami lebih lanjut, Soerjanto menyatakan tim investigator kecelakaan KA Turangga dan KA Commuter Line Bandung Raya di petak jalan Haurpugur – Cicalengka itu memandang perlu melakukan serangkaian tindakan investigasi dan pemeriksaan secara lebih mendalam.

Baca Juga: Pasca Tabrakan Kereta, Jalur Haurpugur-Cicalengka Bisa Dilalui KA dengan Kecepatan Tinggi

Langkah-langkah yang diambil antara lain, KNKT akan melakukan functional test menyeluruh terhadap peralatan persinyalan mekanik di Stasiun Cicalengka dan persinyalan elektrik di Stasiun Haurpugur. Pemeriksaan ini akan memberikan gambaran mengenai keadaan dan kinerja peralatan yang terlibat dalam pengaturan perjalanan kereta api.

Selanjutnya, akan dilakukan bench check terhadap perangkat Interface Block Module (IBM), yaitu mengevaluasi kelayakan dan fungsionalitas perangkat yang mungkin berperan dalam kejadian tersebut.

Langkah terakhir, KNKT akan mengadakan pertemuan dan pembahasan bersama pihak terkait untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut, berbagi temuan awal, dan berdiskusi dalam rangka menemukan kemungkinan penyebab terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Bahas Tabrakan Kereta Api di Bandung, Pakar Transportasi ITB Beri 2 Saran Cegah Kecelakaan Terulang

“Kami akan terus memberikan pembaruan kepada publik seiring berjalannya investigasi. Keselamatan dan keamanan publik adalah prioritas utama, dan KNKT berusaha untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kecelakaan tersebut guna mencegah kejadian serupa di masa mendatang,” ujar Soerjanto dalam keterangan resminya, dikutip prfmnews.id pada Selasa, 16 Januari 2024.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x