Jumlah Penumpang Pesawat Alami Kenaikan di Masa Nataru ini

- 25 Desember 2023, 16:00 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan dalam rangka angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu 24 Desember 2023.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat melakukan peninjauan dalam rangka angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Minggu 24 Desember 2023. /Kemenhub/

PRFMNEWS - Memasuki masa libur natal dan tahun baru (Nataru) jumlah penumpang pesawat terbang mengalami peningkatan dibandingkan pada periode sama di tahun lalu.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan, produktivitas penerbangan meningkat dibandingkan tahun lalu. Jumlah pergerakan penumpang dan okupansi penumpang pun meningkat.

“Ini menandakan bahwa kinerja sektor aviasi semakin baik, probabilitasnya meningkat. Dilihat juga jumlah kargo yang keluar masuk dari Soekarno-Hatta meningkat,” ucap Menhub saat meninjau pergerakan penumpang dalam rangka angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Minggu, 24 Desember 2023.

Baca Juga: Bandara Kertajati Dapat Instruksi Menambah Penerbangan ke Arah Timur, Bey Machmudin Beberkan Alasannya

Kinerja yang baik dari sektor penerbangan menurut Menhub adalah dampak dari membaiknya ekonomi masyarakat, terutama pasca pandemi Covid-19.

“Saya lihat banyak anak-anak berlibur. Itu menunjukkan ekonomi masyarakat menjadi semakin baik,” kata Menhub.

Berdasarkan data dari Angkasa Pura II, Bandara Soekarno-Hatta pada Angkutan Nataru tahun ini telah melayani lebih kurang 1 juta penumpang, atau naik 18 persen dari tahun lalu.

Untuk destinasi internasional terbanyak yakni melayani ke Singapura, Kuala Lumpur dan Jeddah, sedangkan destinasi domestik terbanyak yakni ke kota Denpasar, Medan dan Surabaya. Tingkat On Time Performance Bandara Soekarno-Hatta dikisaran 71 persen dan Load factor (tingkat okupansi) mencapai 80 persen.

Baca Juga: Wisatawan ke Bali Saat Nataru Diprediksi Melonjak, Beberapa Maskapai Ajukan Tambahan Penerbangan

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x