8 Tips Naik Kereta Api di Musim Hujan Saat Libur Nataru Agar Perjalanan Tetap Nyaman dan Seru

- 14 Desember 2023, 21:30 WIB
Ilustrasi Kereta Api Indonesia
Ilustrasi Kereta Api Indonesia /Instagram.com/@kai121_

PRFMNEWS – Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) memang paling seru diisi dengan liburan ke sejumlah kota favorit bersama keluarga, teman atau orang spesial. Liburan menggunakan kereta api (KA) bisa jadi pilihan seru untuk perjalanan menuju daerah dengan destinasi wisata yang akan dituju.

Namun, memasuki musim penghujan yang bertepatan dengan masa libur Nataru 2023/2024 ini, tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan lebih matang agar hujan tidak mengacaukan perjalanan liburan Anda.

Berikut 8 tips perjalanan menggunakan kereta api saat musim hujan yang bisa Anda terapkan saat perjalanan masa libur Natal dan Tahun Baru agar liburan tetap seru dan nyaman:

Baca Juga: Misteri Mayat Perempuan di Sungai Citarum Terungkap, Pelaku Bunuh Korban Demi Telepon Genggam

1. Cek Jadwal dan Cuaca Terlebih Dahulu
Sebelum berangkat, pastikan untuk memeriksa jadwal kereta api dan perkiraan cuaca. Informasi ini dapat membantu Anda menyesuaikan rencana perjalanan dan mempersiapkan diri secara lebih efektif. Cek prakiraan cuaca di situs web atau media sosial resmi BMKG juga bisa Anda lakukan.

2. Bawa Perlengkapan dengan Aman
Pastikan segala perlengkapan yang dibawa saat perjalanan, seperti handphone, dompet, dan dokumen penting lainnya disimpan dalam tas anti-air atau plastik pelindung. Ini akan membantu melindunginya dari hujan dan memudahkan akses saat diperlukan selama perjalanan.

3. Bawa Payung dan Perlengkapan Hujan
Sedia payung dalam tas tentu tak ada salahnya. Ini akan berguna saat Anda harus keluar dari kereta di stasiun atau saat hujan turun ketika berada di peron. Perlengkapan hujan ini juga membantu Anda tetap kering saat berpindah dari stasiun ke destinasi akhir.

4. Kenakan Pakaian yang Tepat
Pilih pakaian yang sesuai dengan kondisi cuaca. Jaket atau mantel hujan yang tahan air cocok untuk melindungi Anda dari hujan. Pastikan juga untuk mengenakan alas kaki yang nyaman dan tahan air untuk menghindari masalah akibat alas kaki basah.

Baca Juga: Terakhir 16 Desember, Ini Keuntungan Ikut Program Pemutihan Pajak Kendaraan di Jawa Barat

5. Bawa Barang Secukupnya
Coba untuk membawa barang sesuai kebutuhan saja. Bawa tas atau koper yang sesuai dengan kebutuhan perjalanan Anda agar tidak kesulitan mengurus barang bawaan di dalam kereta. Dengan membawa barang secukupnya, Anda dapat lebih leluasa dan nyaman selama perjalanan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah