Dampak Longsor di Banyumas, Perjalanan Sejumlah Kereta Api di Daop Yogyakarta dan Semarang Terganggu

- 4 Desember 2023, 15:00 WIB
Ilustrasi Kereta api.
Ilustrasi Kereta api. /Dok PT KAI.

PRFMNEWS – PT KAI menyampaikan tebing longsor yang menutup jalur rel di wilayah Daop 5 Purwokerto tepatnya KM 340+100 petak jalan antara Stasiun Karanggandul-Karangsari, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berdampak pada gangguan perjalanan kereta api (KA).

 

Sejumlah perjalanan kereta api di wilayah KAI Daop 4 Semarang dan KAI Daop 6 Yogyakarta terganggu akibat rel tertutup longsor yang terjadi pada Senin, 4 Desember 2023 dini hari. Akibatnya, KA-KA ini harus melintasi rute memutar untuk tetap melayani penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan, perjalanan dua kereta api yang mengalami gangguan akibat insiden longsor akibat curah hujan tinggi di wilayah Daop 5 Purwokerto tersebut, masing-masing adalah KA Joglosemarkerto dan Kamandaka.

Baca Juga: Longsor Timbun Rel di Banyumas, 13 Perjalanan Kereta Api Terganggu dan Beroperasi Rute Memutar

"Beberapa KA dibatalkan dan diubah pola operasionalnya," kata Franoto.

Franoto menjelaskan perjalanan KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang Bank Jateng dan Semarang Semarang Tawang Bank Jateng-Bumiayu dibatalkan keberangkatannya.

Sedangkan KA Joglosemarkerto relasi Semarang Tawang Bank Jateng -Tegal-Purwokerto diubah rute operasional perjalanannya dengan hanya berakhir di Stasiun Tegal.

“Dampak dari longsor di Banyumas juga berdampak terhadap pengalihan perjalanan 9 KA lintas selatan melalui jalur utara,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah