Usul Biaya Haji 2024 Naik Jadi Rp105 Juta Per Jemaah, Menag: Untuk Biayai Beberapa Komponen

- 14 November 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi haji.
Ilustrasi haji. /Dok PRFMNEWS

PRFMNEWS – Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1445 Hijriah (H) / 2024 Masehi (M) naik menjadi sebesar Rp105 juta per orang.

"Untuk penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 Hijriah / 2024 Masehi, pemerintah mengusulkan rata-rata BPIH per jemaah naik menjadi Rp105.095.032," ujar Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Senin 13 November 2023.

BPIH merupakan sejumlah dana yang digunakan untuk operasional penyelenggaraan ibadah haji. Dengan kata lain, BPIH adalah biaya keseluruhan yang harus dikeluarkan seseorang untuk pelaksanaan ibadah haji dan dikelola oleh pemerintah setiap musim haji.

Baca Juga: Rencana Pembagian Kuota Haji Tambahan yang Disiapkan Menteri Agama

Usulan kenaikan BPIH menjadi Rp105 juta, ujar Menag, akan dibagi dalam dua komponen yaitu, komponen yang dibebankan langsung kepada jemaah calon haji (Bipih/Biaya Perjalanan Ibadah Haji) dan komponen yang dibebankan kepada dana nilai manfaat (optimalisasi).

Menag yang akrab disapa Gus Men itu menjelaskan penyusunan BPIH tahun 1445 Hijriah / 2024 Masehi sebesar Rp105 juta menggunakan asumsi nilai tukar kurs dollar terhadap rupiah sebesar Rp16 ribu. Sedangkan asumsi nilai tukar SAR (Saudi Arabian Riyal) terhadap rupiah sebesar Rp4.266.

Gus Men menuturkan, BPIH Rp105 juta akan digunakan untuk membiayai beberapa komponen, di antaranya biaya penerbangan, akomodasi, konsumsi, transportasi, pelayanan di embarkasi, debarkasi, imigrasi, layanan Armuzna (Arafah-Muzdalifah-Mina), premi asuransi, pelindungan, dokumen perjalanan, living cost (biaya hidup), dan pembinaan jemaah haji.

Baca Juga: Kemenag: Keberangkatan Jemaah Haji 2024 Bisa Mundur Jika Tidak Penuhi Syarat Istithaah

"Komponen biaya penerbangan haji disusun per embarkasi dengan memperhatikan jarak dari masing-masing embarkasi ke Arab Saudi," ujar dia.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x