Menag Titipkan Pesan Penting Bagi Para Takmir Masjid Jelang Pemilu 2024

- 9 November 2023, 09:00 WIB
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas /MCH 2022.

PRFMNEWS – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menitipkan pesan khusus bagi para takmir atau pengurus masjid jelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang. Kepada para takmir, Menag mengingatkan kembali peran penting masjid selain sebagai tempat ibadah.

Menag Yaqut meminta agar para takmir memastikan tidak ada masjid yang digunakan untuk kepentingan politik elektoral menjelang Pemilu 2024. Dia tidak ingin masjid menjadi tempat pemicu keretakan bangsa.

“Jadi kita sampaikan kepada mereka agar para takmir ini menjaga masjidnya, jangan sampai masjid digunakan untuk kepentingan politik elektoral. Jangan digunakan untuk kepentingan memecah belah bangsa,” kata Menteri Yaqut, Rabu 8 November 2023.

Baca Juga: TNI Polri Deklarasi Pemilu Damai di Ciamis

Peran penting masjid, ujar Yaqut, selain tempat ibadah juga sebagai lokasi yang dapat digunakan untuk kegiatan berkaitan dengan kesejahteraan umat, seperti aktivitas ekonomi dan sosial.

Sehingga menurutnya sangat tidak tepat jika digunakan untuk kegiatan yang berisiko mencerai-beraikan persatuan bangsa. Maka dia kembali tegaskan bahwa tidak tepat jika masjid digunakan untuk kontestasi politik menjelang Pemilu 2024.

“Ini yang mau kita jaga, jadi masjid itu, fungsi politik itu tidak di masjid kecuali politik kebangsaan, politik kekuatan, politik elektoral silakan tapi di luar masjid,” ujar Menag.

Pesan Yaqut kepada takmir masjid tersebut bermula dari dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendukung dihidupkannya kembali Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) yang digulirkan Menag. Presiden menilai potensi manfaat BKM sangat besar, termasuk sebagai pemersatu dan pusat kemajuan bangsa.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x