Hasil Survei Terbaru LSN: Prabowo Masih Teratas

- 6 Oktober 2023, 15:22 WIB
Ilustrasi Pemilu 2024
Ilustrasi Pemilu 2024 /Dok PRFM

PRFMNEWS - Lembaga Survei Nasional (LSN) merilis hasil survei terbaru tentang dinamika elektabilitas bacapres tiga besar empat bulan jelang Pemilu 2024.

Hasilnya, elektabilitas elektabilitas Ganjar Pranowo sedikit mengalami kenaikan, namun Prabowo Subianto masih tetap teratas alias belum terkejar oleh bacapres yang diusung oleh PDI Perjuangan.

Sementara itu meski telah menggandeng Ketum PKB Muhaimin Iskandar elektabilitas bacapres Anies Baswedan tidak juga terangkat.

Demikian kesimpulan dari hasil survei nasional terbaru yang dilaksanakan LSN pada 20 s/d 30 September 2023 di 38 provinsi di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh Warga Negara Indonesia yang telah berumur minimal 17 tahun (memiliki e-KTP).

Jumlah sampel sebanyak 1420 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak berjenjang (multistage random sampling). Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan responden dipandu kuesioner.

Direktur Eksekutif LSN Dr. Gema Nusantara Bakry
Direktur Eksekutif LSN Dr. Gema Nusantara Bakry


Sedangkan ambang kesalahan (margin of error) yang ditetapkan dalam survei ini sebesar +/- 2,6% dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) 95%. Validasi data mengacu pada data kependudukan yang dikeluarkan BPS.

Berdasarkan hasil survei LSN, melalui format pertanyaan terbuka (top of mind), pertanyaan tertutup (simulasi 12 nama), hingga pertanyaan tertutup (simulasi tiga nama), elektabilitas Ganjar Pranowo sedikit mengalami kenaikan dibandingkan survei LSN sebelumnya (Agustus 2023).

Namun demikian elektabilitas bacapres Prabowo Subianto masih kokoh di puncak survei. Bahkan apabila Pilpres berlangsung dua putaran, dimana putaran kedua diikuti oleh Prabowo dan Ganjar, elektabilitas Prabowo semakin jauh meninggalkan Ganjar.

Ketika LSN mengajukan pertanyaan secara terbuka (top of mind) siapakah yang akan dipilih jika saat ini dilaksanakan Pilpres, sebanyak 28,9% secara spontan masih menyebut nama Prabowo Subianto.

Sementara yang menyebut nama Ganjar sebanyak 18,6% atau mengalami kenaikan 1,1% dibandingkan hasil survei LSN sebelumnya. Sedangkan Anies hanya menjadi top of mind dari 13,3% responden.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x