Jokowi Jamin Kesejahteraan PNS Pindah ke IKN, Ada Tunjangan, Rumah, hingga Biaya Pindahan

- 3 Oktober 2023, 17:00 WIB
Presiden Jokowi saat membuka Rakernas KORPRI 2023 di Jakarta, Selasa 3 Oktober 2023.
Presiden Jokowi saat membuka Rakernas KORPRI 2023 di Jakarta, Selasa 3 Oktober 2023. /Setkab/

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pemerintah sudah menyiapkan sejumlah insentif dan fasilitas antara lain rumah dinas hingga tunjangan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan pindah dinas ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Presiden Jokowi mengatakan insentif dan fasilitas untuk menunjang kesejahteraan para ASN tersebut diberikan agar tidak ada kendala atau proses alot saat pemindahan mereka untuk dinas dan menjadi penghuni IKN Nusantara.

"Sudah disiapkan insentif. Kalau enggak ada ini, alot pasti. Tapi kalau ada insentif kan beda. Rumah dinas, juga ada rumah tapak maupun apartemen. Biaya pindah juga diberikan suami istri plus anak. Ada tunjangan kemahalan dan fasilitas-fasilitas lainnya," kata Jokowi saat membuka Rakernas KORPRI 2023 di Jakarta, Selasa 3 Oktober 2023.

Baca Juga: Hotel Mewah Pertama di IKN Nusantara Mulai Dibangun, Jokowi: Ini Akan Bangkitkan Percaya Diri Investor

Jokowi menjelaskan bahwa pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN Nusantara untuk mewujudkan Indonesia sentris agar pemerataan ekonomi tidak lagi bertumpu di Pulau Jawa atau Jawa sentris.

Presiden menjelaskan Pulau Jawa sudah dihuni oleh 56 persen penduduk Indonesia yang berjumlah mencapai 280 juta jiwa. Artinya, 150 juta penduduk Indonesia berada di Jawa.

Sebanyak 58 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia berasal dari Jawa, sehingga perputaran ekonomi hanya berpusat di pulau tersebut.

Baca Juga: Bocoran Sri Mulyani soal Nasib DKI Jakarta Usai Ibu Kota Pindah ke IKN Nusantara, Bakal Berubah Nama?

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x