Jokowi Gelar Rapat Bahas TikTok Shop Bareng Para Menteri Hari ini, Ini Bocoran Pembahasannya

- 25 September 2023, 16:00 WIB
Pedagang menawarkan dagangannya secara daring melalui media sosial di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Sejumlah pedagang di pasar tersebut menyatakan mengkombinasikan dengan penjualan daring guna meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas.
Pedagang menawarkan dagangannya secara daring melalui media sosial di Pasar Tanah Abang, Jakarta, Selasa (19/9/2023). Sejumlah pedagang di pasar tersebut menyatakan mengkombinasikan dengan penjualan daring guna meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas. /Antara Foto/

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah menteri guna membahas kegiatan perdagangan digital/elektronik (e-commerce) yang berjalan berbarengan dengan media sosial (medsos), seperti yang dilakukan TikTok Shop.

Rapat tersebut digelar Presiden Jokowi menindaklanjuti akan diterbitkannya peraturan baru menyangkut perdagangan digital dalam bentuk social commerce termasuk TikTok Shop yang mengancam keberlangsungan para pelaku UMKM lokal di Indonesia.

Bocoran isi pembahasan dalam rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini, Senin 25 September 2023 diungkap salah satunya oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Baca Juga: Disetujui Jokowi, Aturan Baru Kendalikan Social Commerce Seperti TikTok Shop Segera Terbit

"(Bahas) Soal perniagaan dengan sistem elektronik. Ya, TikTok (Shop)," kata Menkominfo, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 25 September 2023.

Kendati demikian, Menteri Budi Arie belum menjelaskan secara terperinci poin-poin apa saja yang akan dibahas dalam ratas tersebut.

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan rapat tersebut untuk membahas perdagangan digital secara keseluruhan.

"Ya, (soal perdagangan) digital, semuanya. Rapat mengenai e-commerce," ucap Zulkifli.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah