Layanan SAPA 129 untuk Laporkan Kekerasan Anak dan Perempuan Kini Terintegrasi ke 34 Provinsi

- 22 September 2023, 07:30 WIB
Ilustrasi Kekerasan kepada Anak.
Ilustrasi Kekerasan kepada Anak. /PRFM

PRFMNEWS – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri PPPA) Bintang Puspayoga mengaktifkan layanan Sahabat Perempuan dan Anak (SAPA) 129 Terintegrasi ke 34 provinsi di seluruh Indonesia sebagai media pengaduan khusus kasus kekerasan pada perempuan dan anak.

Layanan contact center SAPA 129 yang terintegrasi ke tiap provinsi di Indonesia, ujar Menteri PPPA, diharapkan semakin mempermudah masyarakat, baik perempuan maupun anak korban kekerasan, maupun mereka yang mengetahui kasus kekerasan di sekitarnya untuk melapor.

"SAPA 129 menjadi contact center pengaduan khusus kasus terkait perempuan dan anak yang dapat diakses oleh masyarakat kapan pun dan dimana pun," kata Menteri Bintang Puspayoga, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Kamis 21 September 2023.

Baca Juga: Pj Gubernur Jabar Yakin Bambang Tirtoyuliono Bisa Selesaikan Masalah Darurat Sampah di Bandung dalam 3 Bulan

Selain itu, ucap Bintang Puspayoga, adanya layanan tersebut juga diharapkan dapat mempercepat penanganan kasus yang terjadi, karena pelapor dapat terhubung dengan petugas yang siaga di setiap daerah.

"Ini merupakan bentuk upaya sinergi Kementerian PPPA dengan para dinas pengampu urusan perempuan, UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) PPA Provinsi, dalam hal penyediaan layanan pengaduan khusus kasus terkait perempuan dan anak," ujar dia.

Keterbukaan akses layanan serta sinergi pemerintah pusat dan daerah, menurut Bintang, dapat mendorong penanganan kasus kekerasan anak dan Perempuan secara lebih cepat, akurat, komprehensif, dan memberikan layanan yang prima bagi masyarakat.

Baca Juga: Sukseskan Piala Dunia U-17 2023, Jokowi Terbitkan Inpres Khusus Jajaran Menteri hingga Kepala Daerah

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x