Tarif Tiket Tak Disubsidi, Kereta Cepat Akan Lebih Laku dari Argo Parahyangan? Begini Kata Jokowi

- 13 September 2023, 17:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjajal kereta cepat Jakarta Bandung bersama beberapa artis dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang Bandung Barat hari ini Rabu, 13 September 2023.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menjajal kereta cepat Jakarta Bandung bersama beberapa artis dari Stasiun Halim ke Stasiun Padalarang Bandung Barat hari ini Rabu, 13 September 2023. /Instagram Raffi Ahmad

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) tidak ada subsidi dari pemerintah. Presiden menyampaikan kepastian ini di sela uji coba KCJB yang turut mengundang sejumlah artis dan influencer, Rabu 13 September 2023.

“Tidak ada subsidi (untuk tarif tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung),” kata Presiden Jokowi.

Jokowi menyatakan meski tak disubsidi, harga tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung akan ditetapkan melalui sejumlah kalkulasi dan perhitungan sehingga tetap akan mendukung minat masyarakat berpindah naik transportasi massal daripada gunakan kendaraan pribadi.

Baca Juga: Rangkaian HANTARU 2023, Dirjen Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang Gelar Seminar Nasional di Bandung

Disinggung mengenai besar atau kecilnya potensi perpindahan penumpang dari Kereta Api (KA) Argo Parahyangan ke Kereta Cepat Jakarta Bandung tanpa adanya subsidi, Presiden menyampaikan agar masyarakat mencoba terlebih dahulu.

Jokowi menilai ketika masyarakat sudah mencoba naik kereta cepat yang mampu melaju hingga 350 km per jam dengan waktu tempuh Jakarta-Padalarang (Kabupaten Bandung Barat) hanya 25 menit itu, maka peluang untuk memilih naik KCJB ini lebih tinggi dibanding KA Argo Parahyangan.

“Orang kan mesti merasakan dulu, orang pasti mencoba dulu, baru menentukan sikap. Belum ngerasain sudah mengomentari. Rasain dulu 350 km per jam seperti apa, dari Halim (Jakarta) sampai ke Padalarang (Bandung Barat) berapa menit tadi, 25 menit. Kalau sampai Tegalluar berapa menit? coba,” kata Presiden.

Baca Juga: Rekor Baru Tercipta di Shopee Live! Ruben Onsu Raup Omzet Rp16 Miliar di Puncak Kampanye Shopee 9.9!

Untuk membuka kesempatan agar masyarakat menjajal naik Kereta Cepat Jakarta Bandung ini, imbuh Kepala Negara, maka pemerintah melakukan uji coba secara gratis yang akan dilakukan dalam waktu dekat.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah