Jokowi: Saya Disebut Bodoh, Plonga-plongo, Hingga, Firaun, Ndak Apa-apa, Saya Terima Saja

- 16 Agustus 2023, 13:00 WIB
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/08/2023) pagi.
Presiden Jokowi saat menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI dalam rangka HUT Ke-78 Proklamasi Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/08/2023) pagi. /(Foto: Setkab/Tangkapan Layar)

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengawali pidato kenegaraannya di Sidang Tahunan MPR, Rabu, 16 Agustus 2023, dengan cerita tentang dirinya yang kerap menerima penghinaan dan ejekan selama menjadi orang nomor satu di republik ini.

Jokowi mengaku mengetahui ada pihak yang kerap mengejek dirinya dengan sebutan 'plonga-plongo', bodoh, tolol hingga sebutan Firaun.

Jokowi mengatakan posisi Presiden RI tak senyaman yang dibayangkan, apalagi dengan adanya media sosial seperti sekarang ini.

Baca Juga: Presiden Jokowi Pakai Baju Adat Tanimbar Maluku Pada Sidang Tahunan MPR 2023

Meski kerap kerap dihina, Jokowi menyatakan sebagai pribadi tidak mempermasalahkan hal itu.

"Saya tahu ada yang mengatakan saya ini bodoh, plonga plongo tidak tahu apa-apa, firaun tolol. ya ndak apa-apa. saya sebagai pribadi menerima saja," jelas Jokowi.

Namun demikian, Jokowi mengaku sedih karena apa yang terjadi kepada dirinya merupakan bentuk hilangnya budaya santun dan budi pekerti luhur masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Cerita Sandiaga soal Kualitas Udara Jabodetabek Buruk: Presiden Jokowi Sudah Batuk 4 Minggu

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah