Cerita Sandiaga soal Kualitas Udara Jabodetabek Buruk: Presiden Jokowi Sudah Batuk 4 Minggu

- 15 Agustus 2023, 12:00 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. /Kemenparekraf RI/

PRFMNEWS - Menparekraf Sandiaga Uno mengungkap kualitas udara buruk dan tidak sehat yang sepekan terjadi di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) telah berdampak pada kesehatan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi, kata Sandiaga Uno, telah terkena dampak dari kualitas udara buruk dan tidak sehat di Jabodetabek hingga mengalami batuk yang belum kunjung sembuh berminggu-minggu.

“Presiden minta dalam waktu satu minggu ini ada langkah konkret karena Presiden sendiri sudah batuk katanya sudah hampir 4 minggu. Beliau belum pernah merasakan seperti ini dan kemungkinan, dokter menyampaikan, ada kontribusi daripada udara yang tidak sehat dan kualitasnya buruk,” kata Sandiaga Uno, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Senin 14 Agustus 2023.

Baca Juga: KLHK Sebut Fenomena Ngarai Jalan Mempengaruhi Kualitas Udara

Sandiaga Uno menyampaikan hal tersebut usai mengikuti rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi, di mana menteri dan kepala lembaga terkait diminta oleh Kepala Negara untuk segera menyusun langkah-langkah konkret dalam satu pekan ke depan untuk mengatasi polusi udara di Jabodetabek.

“Tadi rapat menyetujui langkah-langkah konkret secara spesifik untuk memperbaiki kualitas udara Jakarta, karena kalau kita lihat Beijing berhasil melakukan itu dan saya sangat yakin dengan kolaborasi pemerintah daerah, dunia usaha, kita bisa juga memperbaiki kualitas udara di Jakarta karena sangat berdampak secara jangka panjang terhadap kesehatan masyarakat,” ujar Sandi Uno.

Sandi juga mengungkap dampak polusi udara dari sisi pariwisata. Menurutnya udara buruk dapat mengganggu pelaksanaan lomba lari marathon internasional yang kerap diselenggarakan di Jabodetabek, serta ajang pariwisata olah raga (sports tourism) lainnya.***

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x