Jokowi Soal Pj Gubernur Jabar: Semuanya Terbuka

- 4 Agustus 2023, 19:00 WIB
Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan terkait Pj Gubernur Jabar usai meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat 4 Agustus 2023.
Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan terkait Pj Gubernur Jabar usai meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat 4 Agustus 2023. /Setkab/

PRFMNEWS - Masa jabatan beberapa gubernur di Indonesia akan habis dalam waktu dekat. Karenanya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun akan menunjuk Penjabat (Pj) gubernur untuk mengisi kekosongan sementara hingga terpilihnya kepala daerah definitif.

Terkait dengan penunjukan atau pemilihan Pj Kepala Daerah, Presiden Jokowi menegaskan bahwa itu akan dilakukan dengan proses akuntabel dan transparan.

Salah satu contohnya adalah pengusulan nama calon Pj Kepala Daerah. Menurutnya, masukan nama calon Pj kepala daerah berasal dari daerah untuk selanjutnya diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca Juga: Penunjukan Keri Lestari Sebagai Kandidat Pj Gubernur Jabar Disambut Baik Pakar Kebijakan Publik

“Apanya yang enggak akuntabel, apanya yang enggak transparan? Wong masukannya dari bawah semua, kan dari daerah. Dari daerah ya kan, ke Kemendagri terus baru naik ke kita di TPA [tim penilai akhir], semuanya terbuka,” ujar Presiden menjawab pertanyaan wartawan, usai meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak, di Sukabumi, Jawa Barat, Jumat 4 Agustus 2023.

Salah satu gubernur yang masa jabatannya akan habis dalam waktu dekat adalah Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 5 September 2023 mendatang.

Menurut Jokowi, dirinya belum menerima surat resmi mengenai daftar tiga calon Pj Gubernur Jabar yang diusulkan oleh DPRD Jabar.

Baca Juga: Terungkap! Ini Tiga Nama Calon Pj Gubernur Jawa Barat

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah