Marak Penipuan Catut Nama BPJS Kesehatan Via WA, Waspada Jika Temui Berbagai Modus Begini

- 27 Juli 2023, 22:00 WIB
Ilustrasi penipuan via WhatsApp
Ilustrasi penipuan via WhatsApp /Pixabay/Marius Bethelsen

PRFMNEWS – Belakangan upaya penipuan berbagai modus dengan membawa nama BPJS Kesehatan melalui chat WhatsApp (WA), SMS, maupun link website palsu marak terjadi dan meresahkan masyarakat.

Merespon adanya modus penipuan tersebut, Asisten Deputi Komunikasi Publik dan Hubungan Masyarakat BPJS Kesehatan Agustian Fardianto mengimbau masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan.

Agustian Fardianto meminta masyarakat agar tidak mudah percaya dan tetap tenang dengan berbagai modus yang dilancarkan pelaku penipuan dengan membawa nama BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Minggu Ini Ada CFD Atau Tidak? Pemkot Bandung Berikan Jawaban

“Saat ini sedang terjadi modus penipuan yang mengatasnamakan Care Center BPJS Kesehatan dengan menginformasikan bahwa kartu kepesertaan JKN akan diberhentikan,” kata Ardi, dalam keterangan tertulis, Rabu 26 Juli 2023.

Ardi menegaskan bahwa BPJS Kesehatan tidak pernah menonaktifkan kartu kepesertaan JKN secara sepihak kepada masing-masing peserta tanpa ada alasan yang jelas.

Dia menambahkan, sebelumnya sempat muncul berbagai modus penipuan lainnya yang juga mengatasnamakan BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Pastikan Takaran Isi BBM Benar, Pemkot Bandung Cek Langsung Alat Ukur dan Pelayanan di Sejumlah SPBU

Antara lain, peserta diminta untuk menyebutkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), mengatasnamakan badan usaha, menyampaikan informasi palsu bahwa kartu kepesertaan peserta telah melebihi batas pemakaian terhadap obat-obatan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x