Korlantas Buka Opsi Sistem One Way di Tol Cipali Saat Mudik

- 10 April 2023, 21:45 WIB
Ilustrasi Tol Cipali/Dok.pikiran-rakyat.*
Ilustrasi Tol Cipali/Dok.pikiran-rakyat.* /


PRFMNEWS - Korlantas Polri membuka opsi pemberlakukan sistem one way (satu jalur) di Tol Cipali saat arus mudik Lebaran 2023.

Direktur Keamanan dan Keselamatan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Brigadir Jenderal Pol. Ery Nursatari menuturkan, sistem one way hanya diberlakukan di Tol Cipali karena hanya memiliki dua lajur di masing-masing jalurnya.

"Khususnya kita memang bermasalah di Tol Cipali yang baru 2 lajur. Mungkin one way kita lakukan, tetapi bisa juga 1 lajur yang kita buka, situasional lah," kata Ery dikutip dari ANTARA, Senini 10 April 2023.

Baca Juga: Jasamarga Maksimalkan Petugas untuk Sambut Arus Mudik Lebaran 2023

Ery mengatakan bahwa pihak Korlantas Polri telah belajar dari mudik lebaran tahun lalu, pada saat itu sistem one way yang membuat terjadi kemacetan dari arah Bandung menuju Jakarta.

Sehingga untuk Tol Cipularang hanya akan menerapkan sistem contra flow dengan menyisaan satu hingga dua lajur menuju Jakarta.

Jasamarga sendiri memprediksi peningkatan volume lalu lintas pada H-7 (15/04) s.d H+7 (30/04) akan terjadi di Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama (Kalitama) dan GT Cileunyi.

Baca Juga: Cepat Daftar! Program Mudik Gratis Dishub Kota Bandung Dibuka Lagi Sampai 14 April 2023

Untuk GT kalitama, pada arus mudik, Jasamarga memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan sebesar 13,11% atau meningkat sebanyak 36 ribu kendaraan dibandingkan dengan kondisi normal bulan November 2022.
Sedangkan pada arus balik, diprediksi terjadi peningkatan kendaraan sebesar 31%, atau sebanyak 89 ribu kendaraan jika dibandingkan dengan kondisi normal bulan November 2022.

Selain GT Kalitama, peningkatan juga diprediksi terjadi pada GT Cileunyi, untuk arus mudik diprediksi terjadi peningkatan sebesar 41,8% atau sebanyak 100 ribu kendaraan, sedangkan untuk arus balik, diprediksi terjadi peningkatan sebesar 41,7% atau sebanyak 108 ribu kendaraan.***

Editor: Rizky Perdana

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x