Netty Prasetiyani Aher Desak Pemerintah Segera Upayakan Pemulangan Dede Asiah Korban Perdagangan Orang

- 5 April 2023, 21:35 WIB
 Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher
Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher /Dok DPR RI.

PRFMNEWS – Anggota Komisi IX DPR RI Netty Prasetiyani Aher mendesak Pemerintah untuk segera mengupayakan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) non prosedural Dede Asiah.

Pasalnya, Dede Asiah diyakini Netty Prasetiyani Aher telah menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) di Suriah.

“Kami mendesak pemerintah agar segera mengupayakan pemulangan PMI Dede Asiah yang jadi korban TPPO ke Suriah. Korban TPPO berhak mendapat jaminan perlindungan dari ancaman yang membahayakan diri, jiwa dan atau hartanya,” kata Netty dalam keterangan resminya yang diterima Redaksi Radio PRFM, Rabu 5 April 2023.

Baca Juga: Kota Bandung Masih Nol Kasus Polio, Dipastikan Dinas Kesehatan

“Waktu yang berlarut-larut tanpa adanya kejelasan akan menambah risiko keamanan diri, jiwa dan harta korban TPPO,” imbuhnya Netty.

Seperti diberitakan sebelumnya, PMI non prosedural asal Karawang bernama Dede Asiah mengaku dijual perusahaan penyalur tenaga kerja sebesar USD 12.000 atau sekitar Rp180 juta ke Suriah.

“Kenapa kejadian TPPO dan penyaluran PMI non prosedural terus saja berulang. Ini seperti ada mafia penyalur PMI yang dapat dengan leluasa melakukan aksinya. Apakah ada backing dari aparat?," tanya Netty.

Baca Juga: Tak Jadi 10 April, Tanggal Pembebasan Anas Urbaningrum Diundur

Netty Prasetiyani Aher juga mempertanyakan komitmen BP2MI untuk memberantas mafia penyalur PMI non prosedural.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x