Daftar 10 Jalan Tol yang Sudah Beroperasi Sepanjang 2022, Ada yang Punya Terowongan Terpanjang di Indonesia

- 31 Desember 2022, 16:00 WIB
Terowongan Jalan Tol Cisumdawu, Sumedang.
Terowongan Jalan Tol Cisumdawu, Sumedang. /Pikiran Rakyat/Rio Rizky Pangestu



PRFMNEWS – Sebanyak 10 ruas jalan tol sudah resmi beroperasi di Indonesia sepanjang tahun 2022 tepatnya dari bulan Januari hingga Desember.

Jika ditotal, panjang 10 ruas jalan tol yang sudah resmi beroperasi di Indonesia sepanjang 2022 ini tercatat sekira 142 km.

Dari daftar 10 ruas jalan tol yang telah dioperasikan sepanjang 2022 ini, beberapa di antara melintasi kawasan Jawa Barat (Jabar).

Baca Juga: Bukan di Bandung, Ini Lokasi Car Free Night Kota Cimahi pada Malam Tahun Baru 2023

Bahkan ada ruas jalan tol yang salah satu seksi lintasannya sudah dibuka pada tahun 2022 ini memiliki terowongan terpanjang pertama di Indonesia sehingga jadi kebanggaan Jabar.

Pembangunan 10 ruas jalan tol sepanjang 142 km yang kini sudah dibuka dan bisa dilalui kendaraan ini terwujud berkat kerja sama Kementerian PUPR bersama mitra, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Tak hanya 10 ruas jalan tol, Basuki Hadimuljono menyatakan PUPR bersama BUJT akan terus melanjutkan pembangunan sejumlah proyek jalan tol lain dalam rangka peningkatan konektivitas.

Baca Juga: Bukan Bandung, Malam Ini Ada Car Free Night di Kabupaten Garut, Berikut Lokasi dan Waktunya

Adapun 10 ruas tol yang beroperasi sepanjang 2022 yakni Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,4 km yang dioperasikan pada Januari 2022.

Berkat dioperasikannya ruas Tol Cisumdawu ini, masyarakat khususnya warga Bandung yang hendak menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka dapat menempuh waktu yang lebih cepat.

Seperti setelah dibukanya Seksi 1 ini, masyarakat yang ingin menuju Pamulihan dari Cileunyi hanya butuh waktu sekira 15 menit, dari sebelumnya 60 menit jika via Jalan Raya Bandung – Cirebon.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x