Waspada, BMKG Beri Peringatan Potensi Bencana Hidrometeorologi yang Mengancam 8 Provinsi Ini!

- 31 Desember 2022, 11:20 WIB
Ilustrasi cuaca ekstrem.
Ilustrasi cuaca ekstrem. /Pixabay/Public Domain Pictures

PRFMNEWS - Menjelang malam pergantian tahun 2022 ke 2023, kondisi cuaca diperkirakan mengalami hujan lebat. Hal ini bahkan diprediksi berlaku hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Hal tersebut akan mengakibatkan, bencana hidrometeorologi, bencana tersebut merupakan salah satu bencana yang sering terjadi melanda wilayah Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi dari Provinsi Banten hingga Nusa Tenggara Timur (NTT), seperti yang dikutip Sabtu, 31 Desember 2022, dari ANTARA.

Baca Juga: Polisi Minta Warga Perhatikan Informasi Cuaca dari BMKG Saat Akan Melakukan Perjalanan

Menurut pemaparan BMKG, wilayah yang berpotensi bencana hidrometeorologi tersebut yakni Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Apa itu Bencana Hidrometeorologi?

Melansir BMKG, bencana hidrometeorologi adalah suatu fenomena bencana alam atau proses merusak yang terjadi di atmosfer (meteorologi), air (hidrologi), atau lautan (oseanografi).

Prakiraan Cuaca

BMKG juga menyampaikan prakiraan cuaca untuk wilayah Sumatera, Kota Banda Aceh akan cerah berawan, Kota Tanjungpinang juga berawan. Kemudian, Kota Pekanbaru cuaca berkabut, dan hujan dengan intensitas ringan diperkirakan akan turun di Kota Medan dan Pangkalpinang.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x