Jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri, Ini Tiga Pesan Ganjar untuk Para Santri

- 22 Oktober 2022, 16:32 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Jepara, Sabtu 22 Oktober 2022.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Santri Nasional di Jepara, Sabtu 22 Oktober 2022. /

PRFMNEWS - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Santri 2022 di Lapangan Bandengan, Kabupaten Jepara, Sabtu 22 Oktober 2022.

Ada tiga pesan yang disampaikan Ganjar Pranowo untuk para santri.

"Karena para santri dengan resolusi jihadnya saat itu, mampu mendorong pemerintah negara agar mempertahankan NKRI," ujar Ganjar.

Ia menambahkan, upaya mempertahankan NKRI harus dilakukan oleh semua komponen negara. Di sini, peran santri sangat dibutuhkan, terutama untuk membendung rongrongan dari berbagai sisi.

Baca Juga: Ini Instruksi Tegas Presiden Jokowi untuk Cegah Peningkatan Kasus Gagal Ginjal Akut pada Anak di Indonesia

"Maka, peran serta santri makin dibutuhkan. Pertama, di dunia digital mesti melek teknologi dan sudah dibuktikan dengan banyaknya pondok pesantren yang mengembangkan itu," ungkapnya.

Kedua, politikus berambut putih itu melanjutkan, santri harus mampu bertani secara mandiri. Sehingga santri mampu berkontribusi terhadap ketahanan dan kedaulatan pangan.

"Dan ketiga, santri inovatif serta santri kreatif yang bisa juga mencari solusi untuk memecahkan persoalan-persoalan lokal terhadap energi," terangnya.

Maka, tiga hal itu dapat menjadi landasan bagi santri untuk mempertahankan NKRI sesuai dengan jamannya saat ini.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x