2 Produk ABC Asal Indonesia Ditarik Singapura, BPOM Buka Suara Termasuk Ungkap Keamanan bagi Kesehatan

- 9 September 2022, 13:45 WIB
Ilustrasi kecap manis.
Ilustrasi kecap manis. /Unsplash.com/GoodEats.

PRFMNEWS – Kabar dua produk ABC asal Indonesia yakni kecap manis dan saus sambal ayam goreng ditarik peredarannya dari pasaran di Singapura tengah jadi perbincangan hangat publik.

Penyebab produk kecap manis dan saos sambal ayam goreng merek ABC ditarik peredarannya oleh Otoritas Keamanan Pangan Singapura (SFA) akibat importir tidak mencantumkan informasi alergen sulfit dan pengawet benzoat pada label produk.

BPOM RI menanggapi informasi penarikan produk kecap manis dan saos sambal ayam goreng merek ABC di Singapura yang tercantum di laman resmi SFA pada 6 September 2022 dengan menyampaikan delapan poin pernyataan resmi.

Baca Juga: Singapura Tarik Kecap Manis ABC, Saus Sambal Ayam Goreng Karena Diduga Kandung Alergen

Terkait apakah produk kecap manis dan saus sambal ayam goreng merek ABC ini aman terhadap kesehatan menjadi salah satu poin penjelasan BPOM RI yang disampaikan melalui laman resmi mereka pada 9 September 2022.

Pertama, BPOM RI menyebut, berdasarkan rilis SFA tersebut, terdapat 2 (dua) produk asal Indonesia yaitu ABC Sweet Soy Sauce dan ABC Sambal Ayam Goreng Sauce yang ditarik dari peredaran karena tidak mencantumkan informasi alergen sulfit dan Bahan Tambahan Pangan (BTP) pengawet benzoat pada label produk.

Kedua, SFA menyatakan bahwa keberadaan sulfit sebagai alergen tidak menimbulkan isu keamanan pangan pada konsumen secara umum, kecuali yang memiliki riwayat alergi.

Baca Juga: Taslim Dikejar-kejar Murad dan Anak Buah Remon, Preman Pensiun 6 Malam ini Tayang Lebih Awal

Ketiga, produk temuan SFA tersebut berlabel Bahasa Indonesia, yang ditutup dengan label berbahasa Inggris dengan informasi yang tidak lengkap, termasuk tidak mencantumkan informasi alergen sulfit dan penggunaan BTP pengawet benzoat.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x