Pemerintah Pastikan Harga Pangan Saat ini dalam Kondisi Stabil

- 19 Agustus 2022, 09:00 WIB
Salah satu lapak penjual di Pasar Ujungberung, Kota Bandung.
Salah satu lapak penjual di Pasar Ujungberung, Kota Bandung. /Tiara/PRFMNEWS

PRFMNEWS - Pemerintah memastikan saat ini harga sejumlah komoditas pangan di Indonesia relatif stabil.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Ekon) Airlangga Hartarto, beberapa komoditas pangan yang sempat melonjak beberapa waktu lalu kini harganya sudah relatif terkendali dan stabil.

“Harga pangan per hari ini relatif sudah stabil. Harga beras itu juga rata-rata masih kuat sekitar Rp10 ribu, daging sapi dan daging ayam pun sudah turun harganya. Demikian pula terkait dengan gula pasir, bawang merah, bawang putih, cabai merah, itu seluruhnya turun,” ujarnya pada Kamis kemarin.

Baca Juga: Jangan Menduga-duga, Begini Cara Cek Terkena Diabetes Atau Tidak Sendiri di Rumah, kata dr. Vania Utami

Airlangga menambahkan, volatile food sudah relatif terkendali dibandingkan saat Lebaran tahun 2022 kemarin di mana terjadi kenaikan permintaan.

Di bulan Juli kemarin, inflasi ada di angka 4,94 persen. Menurutnya, hal ini dipengaruhi oleh faktor harga komoditas global dan tekanan inflasi yang terjadi di beberapa daerah.

“Inflasi kita 4,94 persen di bulan Juli 2022. Inflasi di paruh waktu 2022 faktornya selain komoditas global juga cuaca kemudian juga terkait dengan tekanan inflasi oleh beberapa daerah dan juga terkait dengan produksi,” ujarnya.

Secara spasial, terdapat 30 provinsi yang realisasi inflasinya di atas nasional. Airlangga pun meminta seluruh kepala daerah beserta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk menjaga tingkat inflasi di daerahnya.

Baca Juga: Anggota DPR Mengapresiasi Bank Indonesia Terkait Peluncuran Uang Kertas Baru

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x